i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Template: ANIME-MAX

ANIME-MAX adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk situs yang menyediakan link download atau nonton online video dalam kasus ini contohnya adalah anime ta [...]

Online Shop Basic 2

Online Shop Basic 2 adalah paket minimalis aplikasi toko online instan yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis secara online. Aplikasi ini adalah aplikasi toko online yang "sudah [...]

Aplikasi Web: Online Shop PRO 1

Toko Online Pro 1 adalah paket full-features aplikasi toko online yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis Anda secara online. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur unggulan dan lengk [...]

Aplikasi Web: WebReview-Series 1

Web Review-Series 1 adalah paket aplikasi web yang memfasilitasi Anda yang ingin membuat situs yang berisi review dari berbagai hal. Review tentang suatu produk, Review tentang suatu te [...]

Aplikasi Web: Forum Mirip Twitter

Aplikasi ini merupakan aplikasi layaknya forum pada umumnya. Hal spesial dari aplikasi ini adalah adanya tambahan yang mirip dengan Twitter. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain: foll [...]

Online Shop Basic 1

Online Shop Basic 1 adalah paket minimalis aplikasi toko online instan yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis secara online. Aplikasi ini adalah aplikasi toko online yang "sudah [...]

Axioo Zetta Ten Akhirnya bisa Mendeteksi Touchpad dan nggak Hang lagi

Category: Tips dan TrikDate:
Sunday, 22 Feb 2009

Pada tulisan terdahulu udah pernah saya bahas mengenai Menginstall Linux (Berbagai Macam Distro) di Notebook Axioo Zetta Ten 816px yang mengalami berbagai kendala (secara umum adalah tidak terdeteksinya touchpad dan sering hang). Tanya-tanya di forum linux kok jawabannya pada sama yakni pernah mengalami masalah serupa dan belom ketemu juga kenapa kok bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya. Baru-baru ini nyari lewat search engine akhirnya nemu sebuah artikel yang dibuat oleh aky abdurrachman di situs http://kb.linuxhelp.web.id/ berjudul Mengapa Laptop Axioo Zetta saya sering hank setelah di -Install Ubuntu 8.04?

 

Di situ dijelaskan mengapa kok Linux (dalam contohnya menggunakan Distro Ubuntu Hardy Heron, but kayaknya hampir semua distro akan mengalami hal yang sama) tak bisa mendeteksi touchpad dan mengapa kok ketika menggunakan linux, tiba-tiba laptop jadi hang. Oke sekarang saya mau sedikit berbagi tentang tips yang sudah saya dapatkan tersebut dan telah saya praktekkan pada notebook Axioo Zetta Ten 816px menggunakan distro Linux Mint Felicia (turunan Ubuntu Intrepid Ibex).

 

Ikuti aja langkah singkat berikut:

  1. Pada contoh ini user yang dipakai adalah gudlux. Ganti gudlux dengan user yang Anda buat saat instalasi atau yang Anda pakai saat ini.

  2. Buka Terminal dan ketikan

    $ sudo gedit /boot/grub/menu.lst

    lalu tekan enter, maka akan muncul

    [sudo] password for gudlux:

    masukan password dan tekan enter lagi.

  3. Temukan baris berikut ini:

    title Linux Mint 6, kernel 2.6.27-7-generic

    root (hd0,4)

    kernel /boot/vmlinuz-2.6.27-7-generic root=/dev/sda5 ro quiet splash

    initrd /boot/initrd.img-2.6.27-7-generic

    quiet

     

    title Linux Mint 6, kernel 2.6.27-7-generic (recovery mode)

    root (hd0,4)

    kernel /boot/vmlinuz-2.6.27-7-generic root=/dev/sda5 ro single

    initrd /boot/initrd.img-2.6.27-7-generic

     

    title Linux Mint 6, kernel Last successful boot

    root (hd0,4)

    kernel /boot/last-good-boot/vmlinuz root=/dev/sda5 ro quiet splash last-good-boot

    quiet

     

    title Linux Mint 6, memtest86+

    root (hd0,4)

    kernel /boot/memtest86+.bin

    quiet

     

  4. Kemudian tambahkan noapic nolapic serta i8042.nomux=1 dalam paramater kernel sehingga menjadi seperti ini (perhatikan yang dicetak tebal):

    title Linux Mint 6, kernel 2.6.27-7-generic

    root (hd0,4)

    kernel /boot/vmlinuz-2.6.27-7-generic root=/dev/sda5 ro quiet splash noapic nolapic i8042.nomux=1

    initrd /boot/initrd.img-2.6.27-7-generic

    quiet

     

    title Linux Mint 6, kernel 2.6.27-7-generic (recovery mode)

    root (hd0,4)

    kernel /boot/vmlinuz-2.6.27-7-generic root=/dev/sda5 ro single noapic nolapic i8042.nomux=1

    initrd /boot/initrd.img-2.6.27-7-generic

     

    title Linux Mint 6, kernel Last successful boot

    root (hd0,4)

    kernel /boot/last-good-boot/vmlinuz root=/dev/sda5 ro quiet splash last-good-boot

    quiet

     

    title Linux Mint 6, memtest86+

    root (hd0,4)

    kernel /boot/memtest86+.bin

    quiet

     

  5. Saya copy-kan sedikit keterangan mengenai parameter-parameter kernel di atas.

  6. Menurut kabarnya sih hal ini disebabkan karena kurang kompatibelnya acpi bios si laptop dengan acpi pada linux ubuntu hardy ...........

    Nah untuk masalah touchpadnya, sih katanya juga nih karena adanya masalah multiplexing IRQ 12 antara touchpad dan keyboard system.

    Perlu diingat dengan dimatikannya acpi ubuntu maka anda tidak akan mendapatkan info baterai laptop serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan acpi bios.

  7. Untuk keterangan terakhir saya gak tahu kenapa kok setelah saya kasih noapic nolapic (berarti acpi dimatikan) pada parameter kernel ternyata informasi tentang baterai masih bisa saya lihat. Apa karena saya menggunakan Linux Mint Felicia?

Jangan Lupa! Dalam contoh ini yang digunakan adalah Linux Mint, jadi kalau Anda memakai distro yang lain maka isi menu.lst bisa jadi (dan pasti) beda dengan yang Anda lihat di atas.


No comments...
>> Comments closed. <<