i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Aplikasi Web: WebReview-Series 1

Web Review-Series 1 adalah paket aplikasi web yang memfasilitasi Anda yang ingin membuat situs yang berisi review dari berbagai hal. Review tentang suatu produk, Review tentang suatu te [...]

Aplikasi Web: Pre-Order Online Shop

Pre-Order Online Shop adalah paket full-features aplikasi toko online yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis Anda secara online. Fasilitas unggulan yang terdapat pada aplikasi in [...]

Aplikasi Web: Online Shop PRO 1

Toko Online Pro 1 adalah paket full-features aplikasi toko online yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis Anda secara online. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur unggulan dan lengk [...]

Badge/Watermark Image Generator

Badge/Watermark Image Generator adalah aplikasi web yang digunakan untuk membuat badge/watermark atau penanda pada foto/gambar yang biasanya digunakan misalnya pada penanda foto produk [...]

Aplikasi Web: URL Shortener Complete 2

URL Shortener Complete 2 adalah aplikasi yang membantu Anda untuk menjalankan situs/web yang memiliki fasilitas URL shortener. Pemendek URL sesuai namanya berfungsi untuk memangkas alam [...]

One-Page Portofolio / Gallery 3

One-Page Portofolio / Gallery 3 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

Instalasi Netbeans 6.8 di LinuxMint Helena (Ubuntu Karmic)

Category: GNU/LinuxDate:
Sunday, 24 Jan 2010

Cara menginstall sebuah aplikasi di GNU/Linux sebenarnya mudah (kalau seluruh dependency udah terpenuhi). GNU/Linux emang menerapkan sesuatu yang bisa dibilang efisiensi(?) karena beberapa library hanya cukup di-install sekali dan selanjutnya bisa digunakan bersama-sama antara berbagai macam aplikasi. Okelah cukup dulu ngomongin dependency di GNU/Linux karena kali ini saya cuman ingin sedikit berbagi pengalaman kemaren nginstall netbeans 6.8 di Linux Mint 8 (turunannya Ubuntu Karmic Koala).

Ya, mari kita mulai saja. Kunjungi situs http://www.netbeans.com/downloads/index.html untuk mendapatkan versi terbaru netbeans dengan berbagai macam platform sistem operasi dan untuk sekarang ini kita akan mendownload yang versi Linux (sebenarnya anda tak perlu memilih operating system karena ini udah dibikin otomatis oleh situsnya netbeans). Di sana ada berbagai macam pilihan paket netbeans dan silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kali ini saya mendownload yang paling gedhe (karena bandwidth di kampus lagi agak cepet) dengan ukuran sekitar 236 MB. Jangan lupa anda juga harus meng-install dulu JDK dan (atau) JRE versi yang terbaru (kalau bisa atau pakai aja JDK yang ada di repo). Oh, ya jangan khawatir karena sekarang kambing.ui.ac.id juga udah nyediakan ruang untuk netbeans dan ketika anda download dari situsnya netbeans maka otomatis akan dikasih server dari indonesia (dalam hal ini kambing.ui.ac.id).

Kalau download udah selesai mari segera kita install.

  1. Buka terminal dan ketik su lalu masukkan password root. Kalau belom punya password root silahkan baca Mengubah Password ROOT (GNU/Linux Super User). Tapi kalau gak mau ya pakai sudo juga gak papa.
  2. Ketik cd /lokasi/di/mana/anda/menyimpan/installer/netbeans.
  3. Selanjutnya ketik chmod 775 /lokasi/di/mana/anda/menyimpan/installer/netbeans/netbeans-6.8-ml-linux.sh. Nama file installer berbeda-beda tergantung paket mana yang anda donwload.
  4. Lalu untuk menginstall gunakan sh netbeans-6.8-ml-linux.sh (atau nama installer di tempat anda)
  5. Dan selanjutnya adalah Next OK Next Next silahkan lanjutkan sendiri, cuman klik klik doang. Saat Customize Installation silahkan anda centangi paket yang ingin di-install dan paket yang tidak ingin di-install ya gak usah dicentang. Ada macem-macem paket (tergantung installer yang anda pilih) seperti Java SE, JavaFX, Java Web and EE, Java ME, Ruby, C/C++, Groovy, PHP, Features on demand, Sun GlassFish Enterprise Server, Apache Tomcat dkk.
  6. Tunggu proses instalasi sampai selesai. Kecepatan instalasi tergantung spek komputer/laptop yang anda pakai dan pastikan ruang harddisk anda masih cukup :)
  7. Setelah instalasi maka biasanya anda akan langsung pergi ke menu utama dan mencari di mana shortcut Netbeans 6.8 berada. Lho kok gak ada ya? Saya juga agak bingung kenapa kok gak ada ya?
  8. Ternyata emang belom ada dan saya cari di mana sih file binary-nya netbeans untuk mencoba eksekusi langsung aja dari sana.
  9. File binary ada di lokasi (kalau tidak anda ubah waktu instalasi default) /usr/local/netbeans-6.8/bin/ dan nama filenya netbeans (tanpa ekstensi). Double klik file itu dan netbeans 6.8 pun segera muncul.
  10. Dan rupanya (mungkin) menu baru dibuat ketika file binary netbeans sudah dieksekusi karena setelah saya mengeksekusi file binary, shortcut di menu pun muncul.

Mudah dan ringkas kan menginstall aplikasi di GNU/Linux? Selamat mencoba.....


No comments...
>> Comments closed. <<