i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Aplikasi Web: URL Shortener Complete 1

URL Shortener Complete 1 adalah aplikasi yang membantu Anda untuk menjalankan situs/web yang memiliki fasilitas URL shortener. Pemendek URL sesuai namanya berfungsi untuk memangkas alam [...]

Web Profil / Portofolio Basic 1

Web Profil/Portofolio Basic 1, aplikasi/software untuk mengelola portofolio (atau bisa juga dijadikan sebagai photo/image gallery) atau untuk menampilkan profil perusahaan maupun perseo [...]

Online Shop Basic 2

Online Shop Basic 2 adalah paket minimalis aplikasi toko online instan yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis secara online. Aplikasi ini adalah aplikasi toko online yang "sudah [...]

Badge/Watermark Image Generator

Badge/Watermark Image Generator adalah aplikasi web yang digunakan untuk membuat badge/watermark atau penanda pada foto/gambar yang biasanya digunakan misalnya pada penanda foto produk [...]

Aplikasi Web: Online Shop PRO 2

Toko Online Pro 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Toko Online Pro 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

Aplikasi Web: Custom X

Aplikasi Web Custom X, software berbasis web dinamis dengan fitur utama adalah pembuatan SURVEY dan/atau POLLING dengan jumlah yang tidak dibatasi. Selain itu aplikasi ini juga memiliki [...]

2013
13Apr

Cara Mudah Install Firefox 20 (atau yang terbaru) di Ubuntu

Post category: Tips dan Trik

Update firefox (atau software terbaru) di Ubuntu memang bisa dibilang susah-susah-gampang. Kalau udah ada di repo ya tinggal install aja, tapi kalo belom ada terus gimana dong? Padahal udah "ngebet banget" pengen nyoba. Ya install aja sendiri! Pada awalnya saya masih mengandalkan PPA repo untuk melakukan update beberapa software yang agak lama "nongol" di repo resmi Ubuntu. Khusus untuk firefox, nampaknya PPA yang dulu sempat "update banget" untuk browser firefox sekarang dah ilang (atau nggak diurus lagi?). Jadi, ya mau gak mau kalau mau yang terbaru ya musti install sendiri.

Kali ini akan saya bagikan tips ringkas menginstall firefox terbaru (saat tulisan ini dibuat, versi stabil terbaru adalah versi 20.x). Pertama silahkan download firefox terbaru (atau versi yang Anda inginkan) via situs resmi mozilla (http://www.mozilla.org/firefox/ atau untuk semua versi bisa di https://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/firefox/releases/) atau bisa juga pakai situs http://thinstation.org/download/firefox/ yang menyediakan firefox versi 2.0 sampai yang terakhir adalah versi 20.x (atau mungkin udah ada yang lebih baru lagi).

Setelah itu, ekstrak firefox ke direktori sembarang di folder user yg sedang Anda gunakan sekarang (atau kalau mau bisa dipakai oleh user lain ekstrak aja ke /opt atau direktori lain yang "readable" bagi semua user). Setelah itu buka Terminal (atau Konsole atau software sejenis yang ada di tempat Anda) lalu ketik

sudo gedit /usr/bin/firefox


Kemudian Save As sebagai firefox_backup (siapa tahu nanti ada apa-apa jadi lebih baik dibuatkan backup). Setelah itu klik open dan pilih file firefox. Tekan Ctrl + A lalu Backspace kemudian ketikkan
#!/bin/bash
/LOKASI-ANDA-MENGEKSTRAK/firefox


Terakhir save perubahan yang telah Anda lakukan. Kemudian ketikkan
chmod 775 /usr/bin/firefox


Kalau mau mencoba silahkan ketik firefox di Terminal lalu tekan Enter atau klik Shortcut Firefox yang ada di Launcher (Unity Ubuntu) atau Panel (Gnome-classic atau KDE) atau di Menu.


Hal yang baru di Firefox 20 yang cukup membantu adalah hadirnya icon download (ada tampilan sisa estimasi waktu download dalam menit dan dalam bentuk bar) dan menu untuk Private Browsing in New Window.



BLogger Sejati | 14 Apr 2013
Komentar: Trims gan infonya!!!
>> Comments closed. <<