i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Template: ANIME-MAX

ANIME-MAX adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk situs yang menyediakan link download atau nonton online video dalam kasus ini contohnya adalah anime ta [...]

Aplikasi Web: WebReview-Series 2

Web Review-Series 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Web Review-Series 1 tapi dengan theme/template yang berbeda (theme yang dipakai pada versi ini adalah theme yang respons [...]

Web Profil / Portofolio Basic 2

Web Profil/Portofolio Basic 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Web Profil/Portofolio Basic 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

WP Plugins: RSS to Post

RtoP adalah WordPress Plugins yang memudahkan untuk membuat post yang content-nya berasal dari blog/web lain dalam hal ini dengan memanfaatkan RSS. RtoP dapat menyimpan banyak RSS da [...]

Aplikasi Web: Forum Mirip Twitter

Aplikasi ini merupakan aplikasi layaknya forum pada umumnya. Hal spesial dari aplikasi ini adalah adanya tambahan yang mirip dengan Twitter. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain: foll [...]

Aplikasi Web: URL Shortener Complete 2

URL Shortener Complete 2 adalah aplikasi yang membantu Anda untuk menjalankan situs/web yang memiliki fasilitas URL shortener. Pemendek URL sesuai namanya berfungsi untuk memangkas alam [...]

2009
17Sept

CodeIgniter atau Symfony atau CakePHP

Post category: Web Development

Beberapa hari yang lalu barusan mbaca e-book tentang Membuat Blog dengan Menggunakan PHP Framework Symfony. Jadi tertarik nih pengen nyoba!!! lucu juga ya, di situ mbikinnya pake sandbox symfony. Apaan tuh sandbox? Cari tahu aja sendiri... hehehe... Mau bikin template tinggal ceklak cekluk. Edit sana edit sini. Mau bikin halaman login admin yang butuh otentikasi juga menarik deh cara membuatnya. Pokoknya menarik bangget deh mbaca artikel itu.

Kalau mau lihat review semua framework, ya mesti ada plus dan minusnya. Ya gimana lagi buatan manusia emang gitu sifatnya. Lalu gimana dong cara memilih framework yang tepat. Gampang aja sih! Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau saya sih milih yang sesuai dengan hati nurani.... weleh weleh opo kuwi. Gka tahu kenapa ya kok saya tiba-tiba kepincut sama framework yang namanya CodeIgniter. Gak ada hujan gak ada angin kok tiba-tiba jatuh hati gitu... wualah.... setelah baca sana sini emang sih CodeIgniter punya kelemahan dan tentunya kelebihannya sendiri. Pokoknya mantap deh pake CodeIgniter meskipun belajar dari nol itu emang sulit but kalau udah seneng ya gitu deh, tahu sendiri kan!!

Kalau soal CakePHP, aku tahu dari salah seorang yang kayaknya hobi bgt mempelajari framework yang satu ini. Kalau ngobrolin framework n web programming pasti deh bilang gini, "Nganggo Cake ae!!!". Ya gimana dong dia makek Cake ya gara-gara dikenalin ama kakak kelas, setelah itu ngerasa cocok dan akhirnya nganggep CakePHP itu hebat. Emang sih CakePHP but tentu saja....tiap orang punya kesenangannya masing-masing. Gak perlu mempermasalahkan pilihan orang lain yang mungkin berbeda dengan pilihan anda. Saran saya sih, kalau pengen enak ya cari aja yang banyak kawannya. Kan enak bisa tanya sana sini!!! Tapi buat saya pribadi, meski teman2 banyak yang memakai CakePHP ya saya tetap pilih CodeIgniter.... gak tahu kalau suatu saat kepincut ama yang laen!


No comments...
>> Comments closed. <<