i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

WP Plugins: RSS to Post

RtoP adalah WordPress Plugins yang memudahkan untuk membuat post yang content-nya berasal dari blog/web lain dalam hal ini dengan memanfaatkan RSS. RtoP dapat menyimpan banyak RSS da [...]

Template Toko Online: Shopper Variant

SHOPPER-Variant adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping c [...]

Aplikasi Web: Forum Mirip Twitter

Aplikasi ini merupakan aplikasi layaknya forum pada umumnya. Hal spesial dari aplikasi ini adalah adanya tambahan yang mirip dengan Twitter. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain: foll [...]

Online Shop Basic 1

Online Shop Basic 1 adalah paket minimalis aplikasi toko online instan yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis secara online. Aplikasi ini adalah aplikasi toko online yang "sudah [...]

Anime/Movie Community Sharing (FullCustom)

Produk ini adalah aplikasi web full-custom yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat situs/web yang dapat menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengunjung. Video an [...]

Aplikasi Web: WebReview-Series 2

Web Review-Series 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Web Review-Series 1 tapi dengan theme/template yang berbeda (theme yang dipakai pada versi ini adalah theme yang respons [...]

2011
20Jan

Hati-hati Memilih Password untuk Account Facebook

Post category: Tips dan Trik

Sedikit share aja kalau anda memilih password untuk Facebook (sebenarnya bukan cuman facebook aja sih tapi juga berlaku untuk yang lainnya). Sempat membaca berita yang mewartakan bahwa Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan mantan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Jimly Ashidiqqie mendatangi Markas Besar Polri gara-gara account Facebook-nya dibajak orang dan digunakan untuk kegiatan yang mengatasnamakan nama beliau.

Saya kutipkan sedikit pernyataannya yang secara implisit menunjukkan (kira-kira) password seperti apa yang digunakannya:
Atas kejadian ini, Jimly mengaku mendapat pelajaran berharga. "Ini pelajaran bagi kita. Pin (kunci pengaman) akun jejaring sosial sebaiknya jangan menggunakan tanggal lahir. Saya juga mengimbau bagi masyarakat agar berhati-hati terhadap akun yang menggunakan nama Jimmly tiga. Jangan mau ditipu dan mau memasukkannya ke dalam daftar teman Anda," tutur Jimly.


Ya, bisa anda tebak kira-kira password apa yang digunakannya untuk "melindungi" account facebook-nya. Jangan-jangan account yang lain juga menggunakan password (atau kombinasi password) yang mirip dengan account facebook-nya (yang sudah dibajak). Bisa jadi, serangan yang dilakukan terhadap account facebook Jimly Ashidiqqie memanfaatkan "hubungan sosial". Adalah kebiasaan yang umum bahwa antarorang yang cukup dekat saling berbagi info yang biasanya tak di-share kepada orang lain. Hanya saja, dengan adanya social networking site, seolah batasan antara "orang yang dekat dan tidak dekat" menjadi agak kabur. Meski situs social networking udah menyediakan option untuk "membatasi akses" pengguna yang lain, nah kalau Si Empunya account tidak men-setting-nya ya udah deh, semua bisa diliat orang lain.

Hal lain adalah dalam pemilihan password jangan menggunakan sembarangan (mungkin tulisan Tips Mengamankan Password Anda bisa sedikit menjelaskannya). Dengan menggunakan data-data umum (nama tengah, nama panggilan, nama pacar, tanggal lahir dkk) maka seolah-olah anda berpikir bahwa "siapa juga yang bakalan tahu kalau saya menggunakan password ini" sebagaimana kebiasaan orang yang hanya punya satu kunci pintu dan meletakkan kunci di bawah pot bunga dan berharap (atau sok cuek) bahwa "Sang Pencuri tidak akan mengetahuinya".


Vani | 22 Oct 2011
kosong
Komentar: Iya nich, musti ati-ati...
>> Comments closed. <<