i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Template Toko Online: Shopper Variant

SHOPPER-Variant adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping c [...]

Template Toko Online: Shopper

SHOPPER adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping cart, det [...]

Profile / Portofolio Pro 1

Aplikasi Profil / Portofolio Pro 1, software berbasis web untuk pengelolaan portofolio atau untuk menampilkan profil baik perusahaan maupun perseorangan. Selain itu software ini dapat p [...]

Aplikasi Web: Custom Form

Aplikasi Web Custom Form, software berbasis web dengan fitur utama adalah pembuatan DYNAMIC FORM (form web dinamis). Form ini terdiri dari berbagai jenis field, seperti field input text [...]

Web Profil / Portofolio Basic 1

Web Profil/Portofolio Basic 1, aplikasi/software untuk mengelola portofolio (atau bisa juga dijadikan sebagai photo/image gallery) atau untuk menampilkan profil perusahaan maupun perseo [...]

One-Page Portofolio / Gallery 2

One-Page Portofolio / Gallery 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda (theme yang dipakai pada versi ini a [...]

2009
21Apr

Instalasi Awal CodeIgniter

Post category: Web Development

Baru-baru ini baru pengen nyobain rasa yang lain belajar PHP. Setelah beberapa lama sedikit belajar PHP dari dasar (but belom sampai mahir) n sekarang kok mau nyoba framework. Gak tahu kenapa kok akhirnya pilihan percobaan pertama belajar framework jatuh pada CodeIgniter padahal beberapa teman pada pakai CakePHP.

Kalau yang pengen nyoba ya silahkan download CodeIgniter versi 1.7.0 ato versi 1.7.1. Setelah men-download extract ke htdocs lalu buka browser, maka Anda langsung bisa melihat halaman welcome tanpa melakukan konfigurasi apa pun. Gak tahu juga sih karena di tutorial-tutorial yang saya baca sebelumnya, rata-rata menyarankan untuk mengganti dulu $config[‘base_url‘] yang sesuai. Tapi aku gak ganti apa-apa kok masih bisa jalan ya? Mungkin kalau di hosting beneran harus diganti kali ya berhubung nyoba di local jadi mungkin gak usah diganti jg gak papa???.
Ya, lebih amannya ikuti aja manual instalasinya:
Open the application/config/config.php file with a text editor and set your base URL. If you intend to use encryption or sessions, set your encryption key. If you intend to use a database, open the application/config/database.php file with a text editor and set your database settings.
Baru siang aku nulis tentang base URL sorenya aku nyoba pagination dengan CodeIgniter ternyata gak bisa juga. Setelah dicari-cari ternyata masalah base URL-nya. Hehehe ... ternyata ngaruh juga kalau udah mbikin aplikasi cos sewaktu hello world tadi gak papa kok sekarang jadi ngaruh....oh karena waktu hello world alamatnya langsung aku ketik dari Address Bar ....hehehe

Oke seperti biasa untuk langkah awal adalah sebagaimana contoh-contoh yang sudah Anda kenal yakni dua kata paling terkenal, "Hello Word" tapi contoh kali ini akan diganti dengan Tes 123 ... hehehe... podo wae! Buka Gedit, Kwrite, Geany ato yang laen lalu ketikkan script di bawah ini:

Lalu simpan sebagai blog.php di direktori /system/application/controllers. Untuk melihatnya ketikan di browser http://localhost:8080/CodeIgniter_1.7.1/index.php/blog/. Perhatian ini hanya contoh saja. Sesuaikan base URL sesuai milik Anda. Hasilnya kurang lebih seperti ini

Satu lagi, mau nambah sesuatu yang beda dari hanya sekedar Hello World (Test 123)? Coba buka kembali blog.php lalu tambahkan script seperti di bawah ini:

Untuk melihatnya ketikan di browser http://localhost:8080/CodeIgniter_1.7.1/index.php/blog/tes/. Hasilnya akan seperti ini:

Ya, meski singkat but moga-moga bisa membantu bagi yang ingin nyobain CodeIgniter. Sebentar ya... saya mau ngotak-atik CodeIgniter lagi biar bisa berbagi untuk tulisan yang berikutnya.


No comments...
>> Comments closed. <<