i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Profile / Portofolio Pro 1

Aplikasi Profil / Portofolio Pro 1, software berbasis web untuk pengelolaan portofolio atau untuk menampilkan profil baik perusahaan maupun perseorangan. Selain itu software ini dapat p [...]

Profile / Portofolio Pro 2

Aplikasi Profil / Portofolio Pro 2, software berbasis web untuk pengelolaan portofolio atau untuk menampilkan profil baik perusahaan maupun perseorangan. Selain itu software ini dapat p [...]

Aplikasi Web: WebReview-Series 1

Web Review-Series 1 adalah paket aplikasi web yang memfasilitasi Anda yang ingin membuat situs yang berisi review dari berbagai hal. Review tentang suatu produk, Review tentang suatu te [...]

WP Plugins: RSS to Post

RtoP adalah WordPress Plugins yang memudahkan untuk membuat post yang content-nya berasal dari blog/web lain dalam hal ini dengan memanfaatkan RSS. RtoP dapat menyimpan banyak RSS da [...]

Aplikasi Web: Online Shop PRO 1

Toko Online Pro 1 adalah paket full-features aplikasi toko online yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis Anda secara online. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur unggulan dan lengk [...]

Template: ANIME-MAX

ANIME-MAX adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk situs yang menyediakan link download atau nonton online video dalam kasus ini contohnya adalah anime ta [...]

Kompilasi ALSA di LinuxMint 7

Category: GNU/LinuxDate:
Monday, 23 Nov 2009

Alhamdilillah, hari ini saya merasa bahagia karena berhasil membuat laptop dell inspiron 1440 mengeluarkan suaranya (speaker bisa bunyi maksudnya). Pada awalnya saya merasa aneh ketika laptop dell inspiron 1440 di-install-i LinuxMint 7 dan mencoba memutar lagu lewat player yang bisa mengenali hampir semua codec multimedia. Lha kok ini gak muncul suara satu pun. Berangkat dari situ, saya mulai mencari info ada apa gerangan dengan laptop yang satu ini. Ternyata emang hampir semua distro linux tak bisa mengenali sound card (atau speaker-nya).

Saat itu di forum Ubuntu udah ada yang berhasil yakni dengan meng-upgrade ALSA ke versi yang lebih baru. Saya ikuti link ke arah tutorial yang membahas upgrade ALSA. Waduh, tutorialnya kok rada berat ya n kayaknya pusing juga nih kalau ngikutin cara upgrade-nya. Ditambah lagi rupanya ada banyak comment di bawah postingan itu yang menyatakan kegagalannya melaksanakan apa yang dituliskan dalam postingan itu. Saya waktu itu membacanya lewat handphone jadi gak saya simpan sebagai file html. Ya, daripada pusing-pusing, ntar aja nyoba Ubuntu Karmic Koala yang udah mau rilis pada waktu itu. Pasti kan udah memakai ALSA versi yang agak baru ketimbang dengan yang digunakan di LinuxMint 7 (Ubuntu Jaunty Jackalope).

Dan memang benar ketika dicoba dengan Ubuntu Karmic Koala, speaker langsung bunyi dan everything OK, kecuali codec dkk yang emang gak disertakan di CD instalasi Ubuntu sejak dulu kala. Jadi kalau mau nginstall codec ya harus dari repositori Karmic Koala. Dan ketika saya cek rupanya repositori Karmic Koala yang lokal belum tersedia. Males ah kalau musti nunggu. Akhirya saya install aja VLC, Audacious dkk yang dulu saya install di LinuxMint 7 di PC. Ya bisa jalan sih meski codec untuk rmvb belom ada. Tapi rupanya ada dependency yang belom terpenuhi sehingga ketika membuka Synaptic, ada broken package yang terdeteksi. Maklum waktu itu nginstallnya menggunakan dpkg -i blablabla langsung dari Terminal jadi paket udah bisa terinstall meskipun masih ada dependency yang belum dipenuhi. Katanya sih bisa bikin kacau sistem, tapi tak apa-apa, ini cuman nyoba-nyoba aja kok.

Kemaren ini saya kembali mencari tapi kali ini dengan keyword yang berbeda dan saya emang udah berniat mau nginstall sendiri ALSA. Eh, malah dapet script mungil dari Komunitas Ubuntu yang bisa dipakai untuk meng-upgrade automatically ALSA ke versi 1.0.21 dan langsung aja sya coba tapi karena di rumah ngenetnya pake GPRS jadi klo mau download file ya pikir-pikir. Ya, download akhirnya saya lakukan di lab di kampus. Langsung saja saya eksekusi file itu. Coba sana coba sini lalu restart dan coba lagi dan restart lagi rupanya belom juga berhasil dan ALSA masih versi 1.0.18 dan suara belom juga muncul.

Waduh, gimana nih padahal udah menjalankannya sesuai dengan instruksi yang ada di help. Ya akhirnya saya coba sendiri kompilasi source code ALSA. Coba ./configure lalu make lalu make install. Rupanya yang harus di-install tidak hanya satu tarball aja. Ya coba aja kompilasi dan kompilasi dan kompilasi lagi sampai semua berhasil di-install. Dan setelah saya selesai melaksanakan proses kompilasi ALSA saya restart lagi LinuxMint dan woa... bunyi tuit saat masuk halaman login menandakan bahwa speaker sudah bekerja dengan baik. Langsung saja dilanjutkan dengan menyalakan Rhythmbox dan memutar beberapa lagu. Alhamdilillahirabbil alamin...speaker menyala dan saya bisa menikmati nyamannya mendengarkan musik sambil coding... Happy Coding dan jangan takut menggunakan Linux ya....hehehe Enjoy with Linux!!! oh ya... bagi yang mau download ALSA terbaru silahkan kunjungi http://www.alsa-project.org/main/index.php/Download


No comments...
>> Comments closed. <<