i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Aplikasi Web: URL Shortener Complete 1

URL Shortener Complete 1 adalah aplikasi yang membantu Anda untuk menjalankan situs/web yang memiliki fasilitas URL shortener. Pemendek URL sesuai namanya berfungsi untuk memangkas alam [...]

Starter: Anime/Movie Sharing

Produk yang satu ini adalah aplikasi web yang dikhususkan bagi Anda yang ingin memiliki situs/web yang dengan fasilitas untuk menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengun [...]

Aplikasi Web: Forum Mirip Twitter

Aplikasi ini merupakan aplikasi layaknya forum pada umumnya. Hal spesial dari aplikasi ini adalah adanya tambahan yang mirip dengan Twitter. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain: foll [...]

One-Page Portofolio / Gallery 1

One-Page Portofolio/Gallery adalah paket aplikasi web yang memfasilitasi Anda baik perseorangan maupun korporat yang ingin menampilkan/memajang portofolio/hasil karya/gallery kegiatan/p [...]

Aplikasi Web: WebReview-Series 1

Web Review-Series 1 adalah paket aplikasi web yang memfasilitasi Anda yang ingin membuat situs yang berisi review dari berbagai hal. Review tentang suatu produk, Review tentang suatu te [...]

One-Page Portofolio / Gallery 2

One-Page Portofolio / Gallery 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda (theme yang dipakai pada versi ini a [...]

2008
16Sept

Macam-macam Piracy (Pembajakan)

Post category: Selingan

Piracy atau yang lebih kita kenal dengan Pembajakan barangkali bukan istilah yang asing di telingan mayoritas masyarakat Indonesia. Apalagi sejak Sekolah Dasar kita sudah "dijejali" dengan pernyataan bahwa Indonesia adalah negara agraris sehingga masalah bajak-membajak udah sering sekali dilakukan.

Ternyata kalau kita perhatikan lebih lanjut, piracy (pembajakan) ini bisa dikelompokkan ke dalam berbagai kategori. Paling tidak menurut saya pribadi, ada beberapa jenis pembajakan seperti saya terangkan di bawah ini.

  1. Pembajakan karena gak punya duit
    Jenis inilah mungkin yang paling banyak ditemui di negara-negara miskin seperti Indonesia. Sebenarnya sih punya duit but ga cukup buat membeli lisensi software yang harganya selangit. Daripada untuk membeli lisensi lebih baik untuk biaya makan sehari-hari aja.
  2. Pembajakan untuk sarana belajar
    Pembajakan jenis ini banyak dilakukan oleh pelajar/mahaista. Ya, karna (lagi-lagi) gak punya cukup duit untuk membeli yang asli, yang bajakan juga gak papa deh, toh cuman untuk sarana belajar!! Namun menurut saya meskipun dipakai untuk belajar tetap saja namanya membajak. Toh sebenarnya belajar juga gak harus memakai satu produk tertentu. Bukankah banyak sekali produk yang bisa dipakai untuk belajar''
    Pembajakan jenis ini sebenarnya mirip dengan tipe ke-1. Hanya saja ada "niat mulia" yakni untuk menuntut ilmu. Benarkah niat mulia itu harus menggunakan barang bajakan'' apakah gak ada cara yang lebih elegan''
  3. Pembajakan untuk menguji kemampuan
    Wah, kalau ini udah pada tingkat expert. Orang-orang yang memiliki ilmu yang mumpuni dan memiliki rasa penasaran yang tinggi biasanya merasa tertantang kalau ada produk baru yang diklaim oleh pembuatnya gak bisa di-crack/dibobol.
  4. Pembajakan karena hobi
    Boleh percaya boleh tidak, ada orang yang hobi/memiliki kegemaran mengoleksi barang-barang bajakan. Entah murni hobi atau karena kepepet gak punya uang saya juga ga gitu tahu.
  5. Pembajakan ala Robinhood
    Seperti halnya kisah Robinhood yang terkenal karena "kedermawanannya", meskipun hal itu diperoleh dengan cara yang tak halal alias "nyolong". Pembajakan jenis ini memiliki motif yang serupa. Ada orang yang sengaja meluangkan waktunya untuk meng-crack suatu software dan hasilnya disebarkan di internet sehingga bisa didownload oleh orang di seluruh dunia.
  6. Gak niat jadi pembajak
    Ada pula orang yang pada awalnya gak niat jadi pembajak but dia emang membeli suatu software dengan lisensinya untuk dipakai sendiri. Tapi kemudian dia meminjamkan installer beserta id-nya kepada temannya sehingga temannya itu bisa menggunakan software yang bersangkutan. Nah, temannya ini kemudian meminjamkannya lagi kepada teman-temannya sehingga banyak sekali orang yang sebenarnya tak memiliki hak memakai suatu software menjadi "memiliki hak".

Anda termasuk yang mana silahkan saja direnungkan sendiri. Dan apakah Anda akan selamanya menjadi pembajak itu semua saya serahkan kepada diri Anda masing-masing. Tak ada paksaan dalam hal ini karena hidup adalah pilihan, termasuk memilih membajak ataukah tidak!!!


No comments...
>> Comments closed. <<