i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Template Toko Online: Shopper

SHOPPER adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping cart, det [...]

Belajar Online: E-learning - Kuis & Soal

"Belajar Online: E-learning - Kuis & Soal", Software/aplikasi e-learning berbasis web yang dapat digunakan oleh pengajar/guru/pembimbing atau perorangan untuk membuat soal/kuis atau per [...]

Anime/Movie Community Sharing (FullCustom)

Produk ini adalah aplikasi web full-custom yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat situs/web yang dapat menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengunjung. Video an [...]

Aplikasi Web: Forum Mirip Twitter

Aplikasi ini merupakan aplikasi layaknya forum pada umumnya. Hal spesial dari aplikasi ini adalah adanya tambahan yang mirip dengan Twitter. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain: foll [...]

One-Page Portofolio / Gallery 3

One-Page Portofolio / Gallery 3 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

Aplikasi Web: Online Shop PRO 2

Toko Online Pro 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Toko Online Pro 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

2010
28Juni

Marah-marah karena Tulisan Diambil Orang Lain

Post category: Blogging

Tulisan tentang orang yang "marah-marah" karena ada orang yang melakukan "copas" (copy-paste) terhadap tulisannya sebenarnya sudah cukup lama ingin saya tulis tapi baru sekarang kesampaian karena kemaren barusan menulis tentang judul yang berhubungan yakni Senangnya Bisa Copy-Paste Artikel Orang Lain. Temanya agak mirip yakni soal hobi (budaya?) copas di kalangan blogger. Hanya saja yang sedikit beda adalah kalau sekarang saya akan membahas bahwa ada blogger yang "gak suka" ketika tulisannya diambil oleh blogger lain tanpa mengacu ke sumber asalnya.

Tulisan blogger tersebut kurang lebih diawali dengan cerita tentang munculnya artikel yang disalin dari satu blog ke blog yang lain dan dilanjutkan dengan tips dan trik melindungi tulisan di blog supaya tidak bisa di-copas oleh sembarang orang. Mungkin saking jengkelnya sehingga beliaunya menyampaikan tips dan trik semacam itu. Akan tetapi, bagaimanapun juga kalau emang sudah dasarnya "tukang copas", mau diproteksi kayak apapun ya tetap saja hobi copas.

Mungkin yang perlu dibangun di kalangan komunitas blogger adalah budaya untuk menghargai hasil karya orang lain. Sejelek-jeleknya hasil karya orang lain tetap saja harus dihargai karena mungkin saja menurut orang lain jelek tapi menurut anda itu adalah sesuatu yang spektakuler dan brilian. Kembali ke prinsip saya, kalau anda tak mau diganggu maka jangan mengganggu orang lain. Kalau tulisan anda tak mau di-copas (tanpa merujuk ke asalnya) oleh orang lain maka jangan sembarangan copas. Kalau ada orang yang copas maka jangan balas dengan copas juga. Lha kalau gitu, apa bedanya anda dengan mereka?


jodie | 04 Mar 2011
http://www.mybookmarkdownload.tk
Komentar: Copas itu ibarat kupas mangga sama-sama, makan sama-sama. jadi intinya berbagi itu indah..
heru adi | 16 Jul 2013
http://herutalang.blospot.com
Komentar: COPAS tapi tidak mencantumkan sumber adalah satu tindakan yang tidak menghargai Tulisan atau karya org lain.
bayangkan kita capek-capek nulis, wawancara orang, mondar-mandir sampai pusing. tapi org lain tinggal COPAS tanpa usaha seperti kita.... bayangkan betapa jengkelnya kita. jadi kerja keras kita dalam menulis karya ilmiah tidak dihargai. justru blog yg Copas artikel dari blog sendiri lebih Terkenal dibanding blog sendiri.
Jadi saya kurang setuju dgn kegiatan COPAS seperti itu...
Hilangkan Plagiat dari dunia Blog!!!!!!
no name | 25 Oct 2013
http://absurd-7.blogspot.com
Komentar: okelah kalau begitu
Cao | 03 Dec 2013
Komentar: @jodie : "..kupas mangga sama-sama.." ya trgantung yg dikupas mangganya siapa? ya kan?
>> Comments closed. <<