i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

WP Plugins: RSS to Post

RtoP adalah WordPress Plugins yang memudahkan untuk membuat post yang content-nya berasal dari blog/web lain dalam hal ini dengan memanfaatkan RSS. RtoP dapat menyimpan banyak RSS da [...]

Profile / Portofolio Pro 1

Aplikasi Profil / Portofolio Pro 1, software berbasis web untuk pengelolaan portofolio atau untuk menampilkan profil baik perusahaan maupun perseorangan. Selain itu software ini dapat p [...]

Starter: Anime/Movie Sharing

Produk yang satu ini adalah aplikasi web yang dikhususkan bagi Anda yang ingin memiliki situs/web yang dengan fasilitas untuk menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengun [...]

One-Page Portofolio / Gallery 3

One-Page Portofolio / Gallery 3 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

One-Page Portofolio / Gallery 2

One-Page Portofolio / Gallery 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda (theme yang dipakai pada versi ini a [...]

Badge/Watermark Image Generator

Badge/Watermark Image Generator adalah aplikasi web yang digunakan untuk membuat badge/watermark atau penanda pada foto/gambar yang biasanya digunakan misalnya pada penanda foto produk [...]

Menangkal Spam di Blog WordPress

Category: BloggingDate:
Thursday, 05 Nov 2009

Beberapa hari yang lalu saya mengaktifkan kembali hosting gratisan (gratis atau gratis?) yang saya dapatkan dari kampus yang udah sekitar 3 bulan di-hibernate karena KKN dan hal-hal lain yang harus saya lakukan (dan sepertinya ke depannya belum akan diurus dengan sangat serius). Seperti dulu waktu awal belajar CMS bersama "teman seperjuangan", langsung saja saya install wordpress dan langsung diisi sesuatu dengan tujuan saya membuat blog itu yakni untuk merangkum e-book yang berupa PDF, DOC, ODT, CHM dllsbg yang saya download sewaktu browsing maupun saat mencari bahan untuk tugas kuliah.

Pikir saya daripada cuman menganggur dan tidak dimanfaatkan maka akhirnya saya putuskan untuk membuatnya. Sekalian bisa sharing sama orang lain yang mau nyari e-book baik untuk bahan belajar di kuliah atau yang hobi membaca bisa mendapatkan e-book dengan mudah. Tinggal baca sedikit preview lalu kalau tertarik tinggal di-download,

Kembali ke masalah utama yakni mengenai spam comment yang akan memenuhi notifikasi comment anda kalau tidak diatur. Bayangkan aja dalam waktu kurang dari seminggu, blog saya udah diisi sekitar 2000 comments dan jangan salah isinya iklan semua. Bahkan saya sampai kewalahan kalau mau menghapusnya. Akhirnya saya hapus dengan sekali query yakni truncate dan hilanglah semua spam comment itu. Waktu itu koneksi sangat lambat dan saya belom sempat mengaktifkan plugin pembasmi spam akismet karena belom bisa mengambil API yang diperlukan untuk mengaktifkan plugin yang satu ini. Hari berikutnya saat siang hari saya cek lagi dan ternyata sudah ada 500 spam comment yang mampir ke blog saya.

Jadi, saya cuman pengen berpesan bagi teman-teman kalau makai WordPress sebagai blog engine jangan lupa mengaktifkan Akisme atau plugin spam yang lain. Kalau blog saya yang ini, maksudnya yang sedang anda baca ini memakai captcha sebagai penghalau spam dan satu lagi trik yang saya gunakan.... silahkan perhatikan sendiri bagian comment blog ini kalau pengen tahu.


Wikiapbn | 01 Nov 2011
http://www.wikiapbn.org/
Komentar: Dengan captcha, spam memang jauh berkurang, walaupun tidak 0. Bolehkah disebutkan plugin-plugin ampuh lainnya selain Akismet?
>> Comments closed. <<