i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Starter: Anime/Movie Sharing

Produk yang satu ini adalah aplikasi web yang dikhususkan bagi Anda yang ingin memiliki situs/web yang dengan fasilitas untuk menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengun [...]

Web Profil / Portofolio Basic 2

Web Profil/Portofolio Basic 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Web Profil/Portofolio Basic 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

One-Page Portofolio / Gallery 3

One-Page Portofolio / Gallery 3 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

One-Page Portofolio / Gallery 1

One-Page Portofolio/Gallery adalah paket aplikasi web yang memfasilitasi Anda baik perseorangan maupun korporat yang ingin menampilkan/memajang portofolio/hasil karya/gallery kegiatan/p [...]

Template Toko Online: Shopper Variant

SHOPPER-Variant adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping c [...]

Aplikasi Web: Online Shop PRO 2

Toko Online Pro 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Toko Online Pro 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

2009
05Mar

Mengenal Apa itu CAPTCHA?

Post category: Tips dan Trik

Anda yang udah pernah berinternet pasti udah pernah melakukan yang namanya registrasi e-mail atau account lainnya. Atau Anda yang hobi nge-blog pasti udah pernah ngasih comment ke blognya orang lain kan. Nah dalam melakukan comment atau registrasi itu pasti menemui yang namanya CAPTCHA baik sadar maupun tak sadar. Saat mendaftar email pada salah satu form yang harus diisi ada satu form yang mengharuskan kita menuliskan karakter aneh yang ada dalam gambar. Gambar itulah yang merupakan salah satu jenis captcha.

Mungkin Anda bertanya-tanya, untuk apa seeeh kok dikasih kayak gituan segala? Secara singkat, captcha dipakai untuk memastikan bahwa yang mengisi form yang bersangkutan adalah human (manusia) sehingga meminimalisasi terjadinya proses spamming. Para spammer memilki ‘mesin‘ untuk untuk melancarkan aksinya. Ulah para spammer ini akan lebih terasa bagi Anda yang memiliki blog tapi tanpa software atau tools antispam. Anda akan lihat banyak sekali comments yang isinya gak jelas (iklan atau untaian huruf tanpa makna). Bagi Anda yang ingin melihat contoh spam bisa mengunjungi blog orang yang mendaftar di blogsome.

Gambar (statis) berisi karakter yang harus diketikkan oleh user hanyalah merupakan salah satu jenis captcha. Captcha jenis ini menurut saya memiliki beberapa kelemahan, di antaranya

  • Kalau karakternya terlalu aneh dan ga jelas bentuknya, maka user-lah yang akan dibuat repot. Mengapa? Karena user gak bisa mengenali tulisan apa yang ada di dalam gambar makanya ia mengetikkan kata yang salah sehingga sistem tak mau melayaninya karena “tak lulus sensor”
  • Kalau karakternya telalu sederhana kemungkinan para spammer bisa saja memakai software untuk mengenali tulisan yang ada di image yang kemudian diterjemahkan ke dalam teks.

Gambar statis merupakan salah satu jenis captcha. Jenis captcha lain adalah dengan menggunakan beberapa gambar. Misalnya disediakan 9 gambar hewan lalu user diminta mengklik 3 buah gambar yang merupakan gambar ikan misalnya. Atau captcha yang menggunakan gambar bergerak (gif atau yang lainnya). Selain itu kita juga bisa menggunakan drop down menu untuk “menantang” user.

 


No comments...
>> Comments closed. <<