i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Aplikasi Web: Pre-Order Online Shop

Pre-Order Online Shop adalah paket full-features aplikasi toko online yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis Anda secara online. Fasilitas unggulan yang terdapat pada aplikasi in [...]

Template Toko Online: Shopper Variant

SHOPPER-Variant adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping c [...]

Anime/Movie Community Sharing (FullCustom)

Produk ini adalah aplikasi web full-custom yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat situs/web yang dapat menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengunjung. Video an [...]

Template: ANIME-MAX

ANIME-MAX adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk situs yang menyediakan link download atau nonton online video dalam kasus ini contohnya adalah anime ta [...]

Toko Online Barang Digital 1

Toko Online Barang Digital 1 adalah paket full-features aplikasi toko online khusus untuk benda/barang digital seperti aplikasi/software atau ebook pdf, doc dkk yang dapat digunakan unt [...]

Badge/Watermark Image Generator

Badge/Watermark Image Generator adalah aplikasi web yang digunakan untuk membuat badge/watermark atau penanda pada foto/gambar yang biasanya digunakan misalnya pada penanda foto produk [...]

Over Link Antarhalaman di Blog

Category: BloggingDate:
Tuesday, 07 Sep 2010

Ini bukan sebuah kritikan atau sejenisnya, hanya sebuah pandangan dari saya sebagai pengunjung sebuah blog. Baru-baru ini sempat mampir ke sebuah blog yang dari judul-judul artikelnya lumayan menarik. Kemudian saya putuskan untuk membaca beberapa artikel di blog tersebut. Ketika saya membaca rupanya ada hal cukup "mengganggu pemandangan" yakni bertebarannya link di artikel yang bersangkutan. Awalnya saya kira artikel tersebut adalah paid review karena membidik keyword tertentu (awalnya saya tidak memperhatikan link tersebut mengarah ke mana).

Sampai akhirnya saya membaca artikel-artikel yang lainnya dan ternyata memang hampir di setiap artikel yang saya baca ada link (lebih dari lima link per artikel kalau tidak salah). Kalau link mengarah ke "sesuatu halaman" yang relevan sih mungkin bisa diterima. Lha, kalau ini nampaknya terlalu amat sangat over sekali dalam melakukan link antarhalaman. Bagaimana tidak, anchor text yang digunakan adalah kata-kata yang menurut saya kurang tepat karena bukan suatu istilah atau frase yang merujuk ke makna tertentu. Misalnya kata-kata seperti "bagaimanakah", tidak", "yaitu", "mengapa", "dan", "jikalau" dkk rasa-rasanya tidak tepat kalau dijadikan anchor text karena hanya terdiri dari satu kata dan tidak menunjukkan informasi tertentu. Apalagi ketika warna hyperlink cukup kontras dengan warna background theme blog. Hal ini tentu saja akan cukup mengganggu pandangan mata pengunjung yang membaca artikel yang bersangkutan.

Hal ini akan berbeda kalau yang dijadikan anchor text sama-sama satu kata tapi sebuah istilah misalnya "AdSense", "Google", "Keyword", "Blogging", "Hacker" dll. Saya rasa meski hanya satu kata tapi kata-kata tersebut merujuk ke "sesuatu". Umumnya hal semacam ini dilakukan untuk SEO On Page. Terakhir optimasi boleh-boleh saja dan tulisan ini memang tidak bermaksud menghakimi siapa pun. Saya punya sedikit harapan supaya kalau optimasi jangan berlebihan karena yang membaca tulisan di suatu blog tidak hanya bot search engine, kecuali kalau tulisan di blog memang didedikasikan hanya untuk bot search engine :)


No comments...
>> Comments closed. <<