i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Aplikasi Web: Custom X

Aplikasi Web Custom X, software berbasis web dinamis dengan fitur utama adalah pembuatan SURVEY dan/atau POLLING dengan jumlah yang tidak dibatasi. Selain itu aplikasi ini juga memiliki [...]

Online Shop Basic 2

Online Shop Basic 2 adalah paket minimalis aplikasi toko online instan yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis secara online. Aplikasi ini adalah aplikasi toko online yang "sudah [...]

Aplikasi Web: URL Shortener Complete 2

URL Shortener Complete 2 adalah aplikasi yang membantu Anda untuk menjalankan situs/web yang memiliki fasilitas URL shortener. Pemendek URL sesuai namanya berfungsi untuk memangkas alam [...]

Aplikasi Web: Pre-Order Online Shop

Pre-Order Online Shop adalah paket full-features aplikasi toko online yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis Anda secara online. Fasilitas unggulan yang terdapat pada aplikasi in [...]

WP Plugins: RSS to Post

RtoP adalah WordPress Plugins yang memudahkan untuk membuat post yang content-nya berasal dari blog/web lain dalam hal ini dengan memanfaatkan RSS. RtoP dapat menyimpan banyak RSS da [...]

Profile / Portofolio Pro 2

Aplikasi Profil / Portofolio Pro 2, software berbasis web untuk pengelolaan portofolio atau untuk menampilkan profil baik perusahaan maupun perseorangan. Selain itu software ini dapat p [...]

PCLinuxOS 2010 Tampil dengan Wajah Baru?

Category: GNU/LinuxDate:
Wednesday, 05 May 2010

PCLinuxOS 2010 Tampil dengan Wajah Baru? Benarkah wajah baru atau karena emang saya yang gak gitu mengikuti perkembangan distro yang satu ini. Terakhir kali saya mencoba versi PCLinuxOS 2009 waktu itu saya mencoba yang versi KDE. Waktu itu masih menggunakah KDE 3, saya gak tahu kenapa kok belum juga menggunakan KDE 4 padahal distro-distro lain sudah mengimplementasikan KDE 4 sejak lama. Mungkin ada alasan tersendiri dari para pengembang distro yang satu ini.

Kebetulan kemaren lihat ada 4 versi PCLinuxOS yakni versi GNOME, KDE, XFCE, dan Enlightment. Woa, yang terakhir ini kemaren bikin saya penasara. Kok namanya pclinuxos dengan embel-embel E, apa ya itu? Langsung aja di-download dan dicoba. Rupanya ini adalah versi PCLinuxOS dengan desktop environment Enlightment. Sekilas kalau dilihat mungkin merupakan perpaduan KDE dan XFCE. Lebih ringan dari KDE (terutama KDE 4) dan beberapa menu mirip dengan yang ada di XFC. Effect yang ada di Enlightment lumayan asyik dan keren, mirip dengan MAC OS kayaknya nih.

Selain Enlightment, saya juga nyoba yang versi GNOME. Ya, kalau GNOME dari dulu kayaknya gak gitu banyak perubahannya. Masih familiar bangget kalau sama yang satu ini. GNOME-nya secara default sama dengan yang di-bundling dalam distro Ubuntu. Ada satu panel di atas dengan main menu dan beberapa shortcut di bagian kiri dan systray di bagian kanan. Hanya saja, hal yang membedakannya adalah tentu saja theme default yang dipasang. PCLinuxOS versi GNOME memakai theme yang serba hitam, Like Vista kayaknya. Iconnya pun warna kuning mirip dengan vista (or seven?).

Dan....yang sebenarnya ingin saya gunakan sejak dulu adalah PCLinuxOS versi KDE 4. Alhamdulillah, sekarang dah ada nih yang saya mau..... Cerita tentang PCLinuxOS versi KDE mungkin kita lanjut di posting yang akan datang....


No comments...
>> Comments closed. <<