i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Anime/Movie Community Sharing (FullCustom)

Produk ini adalah aplikasi web full-custom yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat situs/web yang dapat menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengunjung. Video an [...]

One-Page Portofolio / Gallery 2

One-Page Portofolio / Gallery 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda (theme yang dipakai pada versi ini a [...]

Template Toko Online: Shopper Variant

SHOPPER-Variant adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping c [...]

Aplikasi Web: Custom X

Aplikasi Web Custom X, software berbasis web dinamis dengan fitur utama adalah pembuatan SURVEY dan/atau POLLING dengan jumlah yang tidak dibatasi. Selain itu aplikasi ini juga memiliki [...]

One-Page Portofolio / Gallery 1

One-Page Portofolio/Gallery adalah paket aplikasi web yang memfasilitasi Anda baik perseorangan maupun korporat yang ingin menampilkan/memajang portofolio/hasil karya/gallery kegiatan/p [...]

Profile / Portofolio Pro 1

Aplikasi Profil / Portofolio Pro 1, software berbasis web untuk pengelolaan portofolio atau untuk menampilkan profil baik perusahaan maupun perseorangan. Selain itu software ini dapat p [...]

2010
17Jan

Salah Satu Keuntungan MVC

Post category: Web Development

Barusan tadi pagi utak-atik theme untuk WordPress. Rencananya mau dipasang di blog yang menggunakan engine CodeIgniter. Ternyata lebih enak setelah menggunakan framework yang menerapkan MVC ketika mau mengadakan berbagai perubahan dalam suatu aplikasi web. Kalau kemaren-kemaren ketika masih menggunakan PHP murni, ya ketika pengen mengubah tampilan web ya harus merombak sana sini. Apalagi aplikasi yang pengen saya modifikasi itu belum menyertakan function untuk menampilkan dan melakukan operasi database.

Maklum aja, karena itu aplikasi dibuat waktu pertama kali belajar jadi ya apa adanya gitu. Hal yang terpenting waktu itu adalah bisa membuat sesuatu dulu. Masalah nanti mau dimodifikasi dan blablabla masih belum dipikirkan. Seiring berjalannya waktu insya Allah akan diadakan perbaikan di sana-sini baik itu dari sisi kemudahan pengaturan, kemudahan modifikasi dan tentu saja keamanannya.

Kembali ke masalah framework yang menerapkan MVC, ketika mau mengubah tampilan suatu aplikasi maka tinggal edit aja view-nya. Atau kalau tidak, anda juga bisa membuat view baru dan kemudian tinggal ubah aja loader view yang ada di controller. Kalau menggunakan Template Engine semacam Smarty gak tahu deh karena belom pernah nyoba dan sampai saat ini masih enjoy dengan manual CSS. Jadi gak usah edit sana sini yang sebenarnya gak perlu. Dengan menggunakan framework yang menerapkan MVC, maka sudah jelas di mana meletakkan fungsi untuk tampilan, fungsi untuk database dsb.

Ketika mau mengubah tampilan, ya cukup ganti view atau loader di controller yang berhubungan dengan view yang bersangkutan. Selain mudah dimodifikasi juga mudah kalau tahu-tahu ada error, bagian mana yang perlu di-inspeksi. Ya, bagi yang belom mencoba framework yang menerapkan MVC, silahkan dicoba kalau memang tertarik :)


No comments...
>> Comments closed. <<