i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Template Toko Online: Shopper Variant

SHOPPER-Variant adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping c [...]

Aplikasi Web: URL Shortener Complete 2

URL Shortener Complete 2 adalah aplikasi yang membantu Anda untuk menjalankan situs/web yang memiliki fasilitas URL shortener. Pemendek URL sesuai namanya berfungsi untuk memangkas alam [...]

Web Profil / Portofolio Basic 2

Web Profil/Portofolio Basic 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Web Profil/Portofolio Basic 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

One-Page Portofolio / Gallery 1

One-Page Portofolio/Gallery adalah paket aplikasi web yang memfasilitasi Anda baik perseorangan maupun korporat yang ingin menampilkan/memajang portofolio/hasil karya/gallery kegiatan/p [...]

Aplikasi Web: Online Shop PRO 2

Toko Online Pro 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Toko Online Pro 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

Aplikasi Web: Online Shop PRO 1

Toko Online Pro 1 adalah paket full-features aplikasi toko online yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis Anda secara online. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur unggulan dan lengk [...]

Setting Internet Modem Sierra 885 dengan kartu 3 (Three) di LinuxMint 8

Category: Tips dan TrikDate:
Friday, 12 Feb 2010

Alhamdulillah kemaren dapat rejeki untuk membeli modem HSDPA (3.5G) yang rencananya akan saya gunakan untuk menggantikan handphone saya yang selama ini saya jadikan sebagai modem. Kasihan juga lama-lama kalau handphone dipakai buat modem, meskipun saya kalau ngenet juga gak gitu lama tapi tetep aja kasihan soalnya handphone setahu saya tidak dirancang khusus untuk ngenet apalagi kalau ngenetnya dalam waktu yang lama. Bisa soak tuh baterai handphone-nya.... :)

Oke, sebenarnya tips yang akan saya bahas kali ini hampir mirip dengan tulisan terdahulu yang berjudul Tips Setting Internet di LinuxMint 7. Perbedaannya adalah kali ini kita menggunakan distro Linux Mint 8 Helena (turunan Ubuntu Karmic), kartu GSM 3 (THREE) dan modem sierra 885. Sebenarnya anda bisa menggunakan kartu yang lain seperti XL, M3, AXIS, Telkomsel dkk dan tentu saja setting-nya berbeda-beda antara satu kartu dengan kartu yang lain. Mengapa menggunakan kartu 3? Jawabannya simple karena kartu XL saya lagi keblokir gara-gara salah memasukkan PIN dan minta PUK tapi belom dapat. Proses minta PUK agak tersendat karena jaringan XL sedang sibuk mungkin karena program SMS-nya yang bikin jaringannya kacau dan susah dihubungi. Kebetulan saya masih punya perdana gratisan 3 jadi ya itu aja yang dipakai. Tapi itu cerita lain sekarang kita akan membahas yang ini saja dulu.

  1. Pertama tancapkan modem sierra ke komputer/laptop dan jangan lupa kartu GSM dimasukkan juga ya :)
  2. Tunggu beberapa saat sampai lampu biru (lampu indikator power) menyala dan lampu orange (lampu indikator transfer data) berkedip-kedip.
  3. Klik kanan NetworkManager Applet (biasanya di pojok kanan bawah kalau di Linux Mint dan kalau di Ubuntu KAYAKNYA di kanan atas?) lalu pilih Edit Connections...
  4. Pada window Network Connections pilih tab Mobile Broadband lalu klik tombol Add
  5. Pastikan modem telah terdeteksi. Di bawah Create a connection for this mobile broadband device ada tulisan Sierra Wireless Incorporated HSPA Modem kemudian klik Forward
  6. Pilih negara Indonesia dan klik Forward. Pilihan setting default untuk kartu 3 tidak ada jadi pilih aja I can't find my provider and I wish to enter it manually lalu kasih nama THREE MODEM (atau nama lain terserah anda) klik Forward lagi.
  7. Ketikkan 3gprs pada form di bawah Selected plan APN (Access Point Name) lalu klik Forward dan terakhir klik Apply.
  8. Sekarang anda masukkan pada form Username dan Password masing-masing 3gprs. Kalau anda menggunakan PIN maka masukkan juga 4 digit pin ke FORM di sebelah kanan PIN. Klik Apply untuk menyimpan semua setting.
  9. Untuk mencobanya silahkan klik kanan NetworkManager Applet dan klik THREE MODEM (atau nama yang tadi anda pilih)
  10. Kalau udah muncul tulisan Connection Established dan logo NetworkManager Applet berubah menjadi gambar tower (atau antena atau apalah terserah anda menyebutnya) maka anda siap berselancar di dunia maya.
  11. Buka browser dan ketikkan situs favorit anda (Facebook mungkin?)

Untuk contoh kali ini yang digunakan adalah kartu 3 tapi kalau anda menggunakan layanan lain seperti IM2, Telkomsel flash, atau yang lain maka cukup ganti aja setting username, password dan APN sesuai dengan provider yang anda miliki.


indie | 20 Apr 2010
http://indiegost.blogspot.com
Komentar: Thanks ya artikelnya..kebetulan saya nyari nih artikel dan nampaknya baru blog anda yang nulis khusus sierra 885 & Kartu 3, hehehe...


Admin:
Trima kasih juga udah berkunjung ke sini. Ya to, mungkin belom ketemu aja yang lainnya.....hohoho
nakamura | 09 Jun 2010
http://newscybertechnology.com
Komentar: makasih infonya..

admin:
sama-sama...
>> Comments closed. <<