i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Aplikasi Web: URL Shortener Complete 1

URL Shortener Complete 1 adalah aplikasi yang membantu Anda untuk menjalankan situs/web yang memiliki fasilitas URL shortener. Pemendek URL sesuai namanya berfungsi untuk memangkas alam [...]

Starter: Anime/Movie Sharing

Produk yang satu ini adalah aplikasi web yang dikhususkan bagi Anda yang ingin memiliki situs/web yang dengan fasilitas untuk menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengun [...]

Aplikasi Web: Online Shop PRO 2

Toko Online Pro 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Toko Online Pro 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

Toko Online Barang Digital 1

Toko Online Barang Digital 1 adalah paket full-features aplikasi toko online khusus untuk benda/barang digital seperti aplikasi/software atau ebook pdf, doc dkk yang dapat digunakan unt [...]

WP Plugins: RSS to Post

RtoP adalah WordPress Plugins yang memudahkan untuk membuat post yang content-nya berasal dari blog/web lain dalam hal ini dengan memanfaatkan RSS. RtoP dapat menyimpan banyak RSS da [...]

One-Page Portofolio / Gallery 2

One-Page Portofolio / Gallery 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan One-Page Portofolio / Gallery 1 tapi dengan theme/template yang berbeda (theme yang dipakai pada versi ini a [...]

2014
25Apr

Sistem Informasi Geografis untuk Pengelolaan Pendidikan

Post category: Download

JUDUL PDF:
Pengembangan Model Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Pengelolaan Pendidikan Dalam Era Otonomi Daerah

CUPLIKAN:
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, khususnya perkembangan software pengembangan sistem basis data digital-map yang dikenal dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS), nampaknya perlu dicoba dan dimanfaatkan dalam pengelolaan pendidikan di era otonomi daerah. Model basis data SIG pada dasarnya menampilkan setiap satu informasi dalam suatu layer (atau lembaran) peta digital. Dengan kecanggihan komputer, sejumlah layer peta dapat ditumpangsusunkan (overlap) sehingga melahirkan informasi yang dibutuhkan dalam pengelolaan pendidikan. Misalnya, layer peta persebaran guru ditumpangsusunkan dengan layer peta akses jalan raya, maka akan terlihat bahwa semakin rapat jalan raya (perkotaan) persebaran guru akan semakin padat daripada di daerah yang kurang memiliki jaringan jalan raya. Dalam rangka membantu pemerintah kabupaten/kota untuk merencanakan dan atau pengelolaan pendidikan di daerahnya, dipandang perlu memanfaatkan Sistem Informasi Geografis. Selain memudahkan dalam data entry, pengolahan, dan menganalisis data, SIG juga dapat menyimpan data kependidikan dalam jangka waktu yang lama. Data yang sudah puluhan tahun tersimpan akan dengan mudah dipanggil atau dibaca kembali jika dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, dalam rangka menciptakan rancangan model SIG dan atau pengembangan basis data yang dibutuhkan dalam pengelolaan pendidikan dalam era otonomi daerah dipandang perlu dilakukan penelitian ini. Pengelolaan pendidikan di daerah yang dapat dibantu oleh Sistem Informasi Geografis (SIG) antara lain dapat mengetahui persebaran lokasi sekolah, persebaran guru dengan berbagai kualifikasi dan tugas mengajarnya, perencanaan dalam pembangunan sarana fisik, penanganan sekolah-sekolah di daerah terpencil, penyaluran berbagai bantuan seperti untuk peningkatan kualifikasi guru, penyaluran bantuan untuk siswa yang rawan Drop Out (DO), penyaluran dana bantuan bagi kerusakan ruang kelas, dan lain-lain. Tujuan umum penelitian ini adalah ingin membangun Sistem Informasi geografis (SIG) untuk aplikasi pengelolaan pendidikan. Dengan adanya SIG, diharapkan akan memudahkan bagi setiap pengambil kebijakan pendidikan di kabupaten/kota dalam pengelolaan pendidikan termasuk di dalamnya pemerataan guru, penempatan dan mutasi guru, penyaluran berbagai dana perbantuan bagi siswa dan sekolah, rehab gedung dan ruang kelas, dan lain- lain.

URL DOWNLOAD: Pengembangan Model Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Pengelolaan Pendidikan Dalam Era Otonomi Daerah


No comments...
>> Comments closed. <<