i (am) Blogger and U?

from X-periment to X-perience

Toko Online Barang Digital 1

Toko Online Barang Digital 1 adalah paket full-features aplikasi toko online khusus untuk benda/barang digital seperti aplikasi/software atau ebook pdf, doc dkk yang dapat digunakan unt [...]

Template Toko Online: Shopper Variant

SHOPPER-Variant adalah HTML template (menggunakan Bootstrap 3.3.6) yang ditujukan untuk toko online. Template ini terdiri dari 6 halaman siap pakai yaitu home, product lists, shopping c [...]

Web Profil / Portofolio Basic 2

Web Profil/Portofolio Basic 2 memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan Web Profil/Portofolio Basic 1 tapi dengan theme/template yang berbeda.

Aplikasi Web: Custom X

Aplikasi Web Custom X, software berbasis web dinamis dengan fitur utama adalah pembuatan SURVEY dan/atau POLLING dengan jumlah yang tidak dibatasi. Selain itu aplikasi ini juga memiliki [...]

Belajar Online: E-learning - Kuis & Soal

"Belajar Online: E-learning - Kuis & Soal", Software/aplikasi e-learning berbasis web yang dapat digunakan oleh pengajar/guru/pembimbing atau perorangan untuk membuat soal/kuis atau per [...]

Anime/Movie Community Sharing (FullCustom)

Produk ini adalah aplikasi web full-custom yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat situs/web yang dapat menampilkan anime/movie dan dapat ditonton oleh para pengunjung. Video an [...]

2009
06Okt

Tips Menghapus Satu Kata dengan Cepat

Post category: Tips dan Trik

Tadi pagi kuliah pertama (maksudnya pertama kali ketemu dengan dosen) UserInterface Design (weit nggaya tenan ki nganggo bhs. Inggris barang). Ya karena yang dari awal semester ini kayaknya dosennya baru sekali masuk dan waktu dosennya masuk kebetulan kita-kita kan lagi KKN jadi ya bisa dibilang belom pernah masuk kuliah deh.

Tadi ada pertanyaan yang cukup menggelitik yakni gimana cara menghapus langsung satu kata dengan satu jurus (maksudnya satu kombinasi shortcut). Hehehe kalau cuma delete satu huruf anak SD jaman sekarang pasti deh dah bisa tapi kalau disuruh menghapus langsung satu kata dengan satu shortcut tertentu, mahasiswa pun belom tentu tahu.... (beberapa dosen mungkin jg gak tahu???)

Oke, emang gimana sih caranya? Barusan sedikit utak atik sambil coding PHP kok malah nemu gimana caranya. Tadi Pak Dosen sih ngomongin Microsoft Office (Word lebih tepatnya) tapi aku gak punya tuh software-nya jadi terpaksa dalam contoh ini yang digunakan adalah OpenOffice.org dkk. Kita coba dengan satu kata "gudlux". Untuk menghapus langsung satu kata gudlux apabila cursor berada di depan huruf "g" maka gunakan aja kombinasi tombol Ctrl + Delete (atau Del di beberapa keyboard). Dan kalau cursor ada di belakang huruf "x" maka yang digunakan adalah kombinasi tombol Ctrl + Backspace. Silahkan coba kalau gak percaya?

Kalau Anda menganggap bahwa laba-laba adalah satu kata ternyata itu salah karena ketika Anda menggunakan tips ini untuk menghapus kata laba-laba maka yang terhapus hanya laba saja. Emang antara EYD dan dunia komputer agak beda dikit :)

NB: tips ini sudah dicoba di OpenOffice.org Writer, Text Editor semacam GEdit, Bluefish Editor, Geany dll. Mungkin Anda ingin melaporkan juga bisa diterapkan di software lainnya, silahkan di-share!


No comments...
>> Comments closed. <<