15 manfaat Facebook Marketplace untuk bisnis

Posted on

Bagaimana bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari aplikasi Facebook? Fitur Facebook Marketplace raksasa media sosial ini menawarkan cara mudah dan nyaman untuk membeli dan menjual secara online. Apakah pemilik usaha kecil sedang mencari alat atau persediaan, atau ingin memasarkan produk mereka ke audiens lokal, Facebook Marketplace dapat membantu mereka mencapai tujuan.



Apa itu Pasar Facebook?

Facebook meluncurkan aplikasi Marketplace pada tahun 2016, dengan tujuan menyediakan “tujuan yang nyaman untuk menemukan, membeli, dan menjual barang dengan orang-orang di komunitas Anda”. Tersedia di aplikasi Facebook, serta platform versi desktop dan tablet, Marketplace berfungsi sebagai saluran penjualan populer yang menjangkau 2,91 miliar pengguna bulanan Facebook. Marketplace tersedia untuk pengguna di 70 negara, tempat pembeli dan penjual Facebook biasanya membuat kesepakatan di area lokal mereka.

Pasar Facebook untuk Bisnis

Bagaimana cara bisnis menggunakan Marketplace Facebook?

Bisnis dapat menjangkau audiens target baru dengan mendaftarkan produk mereka di Facebook Marketplace. Mulailah dengan meneliti Marketplace untuk lebih memahami persaingan apa pun dan produk mana yang terdaftar dalam kategori Marketplace Facebook tertentu.

Saat Anda siap membuat cantuman baru, pastikan untuk menyertakan judul, deskripsi, dan maksimal 10 foto barang yang Anda jual. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan agar iklan Anda muncul di hadapan pembeli yang berminat. Anda akan dapat meninjau daftar produk Anda sebelum menerbitkannya, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk memastikan representasi terbaik dari merek Anda.

Manfaat Facebook Marketplace untuk Bisnis

Ada banyak keuntungan bagi bisnis yang memasarkan produk dari halaman Facebook-nya. Faktanya, beberapa akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari daftar pasar daripada dari upaya pemasaran lainnya. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Facebook Marketplace untuk bisnis Anda, pastikan untuk mempertimbangkan hal berikut:

1. Aplikasi seluler yang mudah digunakan

Pengguna dapat membeli dan menjual di Facebook Marketplace dari mana saja secara virtual melalui aplikasi seluler platform yang nyaman.

2. Penerbitan sederhana

Tidak ada proses yang rumit untuk mendaftarkan barang yang akan dijual di Facebook Marketplace. Cukup ambil foto suatu barang dan tambahkan ke Facebook, masukkan deskripsi produk dan harga, konfirmasi lokasi dan kategori, lalu posting.

3. Orientasi lokal

Meskipun pengguna Facebook dapat memperluas pencarian geografis mereka, Marketplace secara otomatis menampilkan daftar di lingkungan lokal, memudahkan penjual untuk menjangkau pembeli terdekat.

4. Navigasi yang dioptimalkan

Fitur penelusuran Facebook Marketplace dioptimalkan untuk menampilkan item berdasarkan riwayat penelusuran setiap pengguna, yang dapat membantu menghemat waktu.

5. Telusuri untuk membeli fitur

Fitur Telusuri untuk Membeli Marketplace memfilter umpan pengguna dengan produk yang dapat mereka beli dari komunitas dan grup Facebook milik mereka.

6. Komitmen Pelanggan

Facebook Marketplace menawarkan pembeli dan penjual kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain. Keterlibatan ini membantu merek membangun hubungan bisnis dengan pelanggan potensial di platform.

7. Komunitas Berbasis Kepercayaan

Facebook tidak memverifikasi item untuk dijual, yang berarti bisnis Marketplace dibangun berdasarkan kepercayaan antara pembeli dan penjual. Oleh karena itu, bisnis memiliki peluang untuk menumbuhkan kepercayaan dan hubungan positif dengan pelanggannya.

8. Peluang Rekrutmen

Fitur posting pekerjaan Facebook Marketplace memungkinkan pengguna untuk menjual layanan mereka ke grup tertentu.

9. Mendukung banyak foto

Facebook memungkinkan pengguna untuk memasukkan hingga 10 foto saat menjual barang di Marketplace, memberi bisnis kemampuan untuk memamerkan produk mereka secara visual.

10. Proses Rilis Cepat

Karena Facebook mengizinkan pengguna Marketplace untuk memposting gambar dan deskripsi produk secara real-time dari aplikasi, bisnis dapat memposting produk dengan cepat dan mudah.

11. Pesan Langsung

Perjanjian pembelian dapat dibuat dengan mudah di Marketplace, karena pembeli dapat mengirim pesan langsung ke penjual.

12. Pendaftaran gratis dan biaya rendah

Tidak seperti pasar online pesaing, Facebook tidak membebankan biaya kepada pengguna untuk mendaftarkan barang mereka. Setelah penjualan dilakukan melalui Marketplace, platform secara otomatis memotong hanya 5% dari harga.

13. Pasar besar-besaran

Facebook memiliki hampir 3 miliar pengguna bulanan, jadi menjual produk di Marketplace berpotensi memaparkannya ke jutaan pengguna di seluruh dunia.

14. Beberapa opsi pembayaran

Pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit, kartu debit, atau akun PayPal saat melakukan pembelian melalui Facebook Marketplace, memberi mereka fleksibilitas tambahan.

15. Eksposur merek

Mencantumkan produk untuk dijual di Facebook Marketplace tidak hanya meningkatkan eksposur barang, tetapi juga merek yang menjualnya, karena nama perusahaan tercantum di bawah produk.

Berapa biaya yang harus dibayar pengguna Facebook untuk menjual di Facebook Marketplace?

Tidak ada biaya untuk mencantumkan item yang akan dijual di Facebook Marketplace dari akun Facebook pribadi atau halaman bisnis. Saat penjualan dilakukan, Facebook secara otomatis memotong biaya penjualan 5% dari pembayaran atau biaya tetap sebesar 40 sen untuk barang seharga $8 atau kurang. Namun, perusahaan induk Facebook, Meta, untuk sementara membebaskan biaya penjual standar untuk semua pesanan yang ditandai telah dikirim hingga 30 Juni 2023.

Apakah Anda harus membayar untuk iklan Facebook Marketplace?

Pemilik bisnis dapat melakukan lebih dari sekadar mendaftarkan item untuk dijual di Facebook Marketplace, mereka juga dapat membayar untuk memasang iklan menggunakan Meta Ads Manager. Biaya iklan Facebook yang tepat bervariasi berdasarkan beberapa faktor, tetapi bisnis dapat mengontrol pengeluaran mereka dengan menyesuaikan anggaran yang mereka miliki untuk promosi Facebook.

Meskipun biaya iklan bergantung pada jumlah orang yang mengklik iklan tersebut, kampanye umumnya akan berhenti setelah anggaran ini habis. Di Amerika Serikat, rata-rata biaya per klik untuk iklan Facebook Marketplace adalah sekitar 28 sen.

Bagaimana cara memposting ke Marketplace sebagai halaman bisnis Facebook?

Sementara bisnis dapat memposting item untuk dijual di Facebook Marketplace dengan cara yang sama seperti seseorang dapat mendaftarkannya, akun bisnis juga dapat membuat Toko Facebook dan mengunggah seluruh katalog mereka. Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk memilih opsi pembayaran seperti mengundang pelanggan ke pembeli yang tertarik untuk membayar melalui Facebook atau Instagram, menyelesaikan pembelian di situs web bisnis, atau menerima pembayaran melalui aplikasi Facebook Messenger.

Perusahaan juga perlu menambahkan detail pembayaran ke Facebook’s Commerce Manager untuk Facebook Checkout, yang memungkinkan pemroses pembayaran pihak ketiga untuk menyelesaikan transaksi dan muncul sebagai merchant of record.

Gambar: Depositphotos


Lebih lanjut di: Facebook


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *