Pengobatan Komplementer Untuk Kesehatan

Posted on
meditasi yoga
meditasi yoga

Apa itu pencegahan penyakit, mengapa itu penting dan bagaimana yoga dapat membantu Anda? Yoga adalah praktik kuno yang tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga perkembangan emosional dan spiritual. Berlawanan dengan kepercayaan populer, yoga bukan hanya tentang olahraga atau pose, tetapi juga cara hidup. Yoga dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan sistem kardiovaskular Anda. Ini juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan Anda, termasuk mengurangi risiko penyakit tertentu. Berlatih yoga telah terbukti mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, stroke, diabetes, radang sendi, penyakit Alzheimer, dan kondisi lainnya. Yoga bisa menjadi pelengkap yang bagus untuk perawatan medis konvensional, terutama dalam upaya mencegah penyakit dan memperpanjang usia. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara lain yoga dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan dan melawan berbagai penyakit dan kondisi.

Apa itu Yoga?

Yoga adalah latihan fisik, mental, dan spiritual yang berasal dari India kuno. Ini termasuk postur, latihan pernapasan dan meditasi atau relaksasi. Yoga bisa menjadi bentuk latihan yang bagus untuk orang-orang dengan tingkat kebugaran berbeda. Ini juga dapat membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan kualitas tidur, dan meredakan nyeri otot. Yoga telah terbukti meningkatkan kelenturan sendi dan otot serta mengurangi risiko cedera selama latihan. Ada banyak jenis yoga yang menawarkan berbagai manfaat, dan penting untuk menemukan yang tepat untuk Anda! Kata “yoga” berasal dari kata Sansekerta “yuj”, yang berarti menyatukan atau menyatukan kembali. Latihan yoga meningkatkan kekuatan, daya tahan, kelenturan, dan memfasilitasi karakteristik keramahan, kasih sayang, dan pengendalian diri yang lebih besar, sambil menumbuhkan rasa tenang dan sejahtera.

Pentingnya pencegahan penyakit

Setelah lebih dari 3 milenium, Institut Kesehatan Nasional (NIH) sekarang mengklasifikasikan yoga sebagai bentuk pengobatan komplementer dan alternatif (CAM). Yoga dianggap sebagai pendekatan holistik yang dapat digunakan untuk tujuan kesehatan. Yoga telah terbukti membantu mencegah penyakit dan bila dilakukan secara teratur, membuat tubuh lebih tahan lama dan tidak rentan. Hal ini sebagian karena kemampuan yoga untuk meningkatkan aliran dan sirkulasi darah, tetapi juga karena manfaat anti-stresnya. Mereka mengatakan stres adalah pembunuh terbesar dari semuanya, dan karena menghilangkan stres dapat menjadi faktor besar dalam mencegah penyakit, yoga adalah cara yang luar biasa untuk tetap sehat.

Fokus yoga pada mindfulness bahkan dikaitkan dengan menghilangkan depresi dan kecemasan. Ketika Anda menyadari saat ini dan tubuh fisik Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyembuhkan pikiran dan tubuh Anda dari penyakit kronis. Jika Anda ingin pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menjalani hidup dengan potensi penuh Anda setiap hari, maka Anda harus mencoba berlatih yoga!

BACA JUGA :   Chelsea mengirim Reece James ke Dubai karena ia berharap untuk menjaga mimpinya di Piala Dunia tetap hidup

Bagaimana yoga mengurangi risiko penyakit?

Yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda, dan salah satu yang paling populer adalah kemampuannya membantu mengurangi risiko penyakit tertentu. Ada sejumlah penelitian berbeda yang menunjukkan bagaimana yoga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang berlatih yoga mengurangi risiko kanker hingga 40%. Memang, yoga telah terbukti meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan sebagai respons terhadap stres. Studi lain menemukan bahwa berlatih yoga mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50%.

Berlatih yoga dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular dan menurunkan kadar kolesterol, yang keduanya dapat menyebabkan masalah jantung seperti stroke atau serangan jantung. Yoga juga telah terbukti mengurangi risiko diabetes dan radang sendi, dan bahkan dapat membantu penyakit lain seperti depresi dan kecemasan.

Bagaimana yoga dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini?

Yoga adalah praktik kuno yang tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga perkembangan emosional dan spiritual. Yoga mempromosikan gaya hidup sehat, yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit tertentu.

Seperti disebutkan sebelumnya, yoga bisa menjadi pelengkap yang bagus untuk perawatan medis konvensional, terutama untuk mencegah penyakit dan memperpanjang usia.

Yoga telah terbukti sangat efektif dalam mengobati penyakit kardiovaskular termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Metode ini meningkatkan fleksibilitas Anda dan mengurangi tingkat stres Anda, dua faktor penting dalam pencegahan penyakit ini.

Selain itu, praktik ini terbukti sangat efektif dalam pengobatan diabetes karena membantu mengatur kadar insulin dan meningkatkan sirkulasi. Yoga juga mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radang sendi, jadi penting jika Anda memiliki kondisi ini atau mengenal seseorang yang memilikinya – yoga akan membantu Anda mengelola rasa sakit lebih baik daripada obat apa pun yang dijual bebas tersedia.

Manfaat yoga lainnya adalah bagaimana yoga dapat mengurangi risiko kanker; penelitian menunjukkan bahwa memiliki gaya hidup yoga dapat mengurangi peluang Anda terkena kanker jenis tertentu hingga 20%!

yoga untuk kesehatan

Yoga dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan sistem kardiovaskular Anda, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Misalnya, latihan yoga teratur telah terbukti mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, stroke, diabetes, radang sendi, penyakit Alzheimer, dan banyak penyakit lainnya. Yoga bisa menjadi pelengkap yang sangat baik untuk perawatan medis konvensional, terutama untuk mencegah penyakit dan memperpanjang usia.

BACA JUGA :   Berikut Hal Yang Perlu Anda ketahui tentang pemulihan tubuh setelah sesi yoga

yoga dan kanker

Meskipun kanker bisa menjadi penyakit yang sulit untuk dijalani, ada banyak cara untuk membantu mengurangi risiko terkena kanker dan membantu orang yang telah terdiagnosis. Yoga adalah cara untuk mempromosikan kesejahteraan emosional dan fisik yang dapat bermanfaat bagi orang yang hidup dengan atau pulih dari kanker. Menurut Institut Kanker Nasional,

“Yoga dapat memperbaiki gejala kelelahan, nyeri, dan depresi pada penderita kanker.”

Yoga adalah cara yang bagus bagi penderita kanker untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran dan telah terbukti menurunkan tingkat stres dan menghilangkan kecemasan. Itu juga dapat memperkuat otot yang melemah akibat perawatan kemoterapi. Pose yoga seperti anjing menghadap ke bawah atau kucing sapi membuka otot dada dan bahu sambil meredakan sakit punggung, membantu Anda tetap aktif bahkan selama perawatan. Pose yoga seperti warrior pose (virabhadrasana) dapat meregangkan paha belakang yang tegang yang bisa terasa sakit setelah duduk terlalu lama di tempat tidur selama perawatan. Lipatan ke depan (paschimottanasana) dapat memperdalam nafas dengan memanjangkan tulang belakang; ini penting karena pernapasan seringkali menjadi dangkal saat seseorang sakit.

Yoga dan penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling umum di Amerika, terhitung lebih dari 600.000 kematian setiap tahun. Yoga telah terbukti mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, yang penting karena kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembentukan plak di arteri.

Yoga juga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan sirkulasi dengan merangsang sistem pencernaan. Hasilnya, Anda akan merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi setelah berlatih yoga daripada sebelumnya. Semua manfaat ini bekerja sama untuk membantu mencegah dan mengelola penyakit jantung.

Yoga juga telah terbukti menurunkan tingkat stres, yang dapat menjadi penyumbang utama penyakit jantung. Dengan mengurangi tingkat stres melalui yoga, Anda dapat mengurangi risiko mengembangkan kondisi tersebut dan membantunya membaik jika Anda sudah memilikinya. Yoga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan secara dramatis memperpanjang umur Anda!

Yoga dan Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang menyebabkan kadar gula darah tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin untuk memecah gula. Penyakit ini sering dikaitkan dengan obesitas dan ketidakaktifan, dan karena alasan ini penting untuk menjaga berat badan Anda dan banyak berolahraga. Yoga dapat membantu Anda di bidang ini.

BACA JUGA :   Apa Itu Mindful Eating?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga meningkatkan produksi insulin, yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan fungsi pankreas. Itu juga telah terbukti mengurangi risiko diabetes dengan menurunkan kadar gula darah pada orang yang sudah menderita diabetes. Yoga juga dapat membantu mengurangi berat badan dan meningkatkan massa otot bagi penderita diabetes, yang sangat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika Anda hidup dengan diabetes atau berisiko, bicarakan dengan dokter Anda tentang berlatih yoga lebih banyak. Selain itu, jika Anda juga mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, penting agar Anda tidak berpartisipasi dalam aktivitas yang dapat memperburuk kondisi Anda, seperti hot yoga, tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu.

Yoga dan radang sendi

Yoga telah terbukti mengurangi frekuensi gejala radang sendi pada beberapa orang dan dapat memberikan berbagai manfaat bagi mereka yang menderita, termasuk mengurangi kekakuan, nyeri, dan ketegangan sendi. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang berlatih yoga dua kali seminggu selama tiga bulan mengalami nyeri sendi yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berlatih yoga.

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit kolagen, bahan yang membentuk tendon dan ligamen. Anda mungkin mengalami masalah sendi yang berkaitan dengan usia seperti osteoarthritis (OA) atau rheumatoid arthritis (RA). Dengan penyakit tersebut, tidak jarang mengalami nyeri sendi akibat hilangnya tulang rawan pada persendian, yang berujung pada peradangan dan pembengkakan. Yoga dapat membantu dalam kasus ini karena dapat mengurangi tingkat nyeri dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan memperlambat perkembangan osteoarthritis atau rheumatoid arthritis.

Yoga juga merupakan cara yang bagus untuk menjaga otot tetap kuat, berapa pun usia Anda. Seiring bertambahnya usia, massa otot Anda berkurang, menghasilkan otot yang lebih lemah yang lebih mungkin robek atau pecah jika terlalu banyak bekerja. Yoga menawarkan peluang besar untuk latihan ketahanan tanpa peralatan apa pun, jadi ini bisa menjadi pilihan bagus bagi siapa saja yang ingin tetap aktif tetapi tidak ingin melakukan angkat beban.

Kesimpulan

Yoga adalah cara yang bagus untuk mencegah penyakit dan digunakan sebagai terapi pelengkap. Ini adalah bantuan yang berharga dalam pengobatan penyakit tertentu. Dalam hal yoga untuk kanker atau yoga untuk diabetes, dalam banyak kasus, perawatan dapat ditingkatkan dengan yoga. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan pasti akan membantu mencegah penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *