Apa itu kolesterol HDL? Panduan Lengkap – HealthifyMe

Posted on

Kolesterol adalah zat lemak atau lilin yang ditemukan dalam darah Anda. Dimungkinkan untuk menyerap kolesterol melalui makanan seperti telur, daging, dan produk susu. Meski diketahui berbahaya bagi kesehatan, kolesterol tidak sepenuhnya buruk.

Biasanya, high-density lipoprotein (HDL) adalah kolesterol baik yang menghilangkan kolesterol jahat atau LDL dari aliran darah Anda sebelum menumpuk. Namun, tubuh membutuhkan jumlah kolesterol yang cukup untuk berfungsi.

Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang kolesterol HDL dan bagaimana Anda dapat meningkatkan kadarnya untuk kesehatan yang lebih baik.

kolesterol HDL: apa itu?

Kolesterol bergerak melalui darah oleh kelas protein yang disebut lipoprotein. Lipoprotein adalah sekumpulan protein larut yang terkait dengan lipid dalam plasma darah.

Ada kolesterol HDL dan kolesterol LDL. Istilah “kolesterol baik” sering mengacu pada lipoprotein densitas tinggi. Kolesterol HDL menghilangkan kelebihan kolesterol dan penumpukan plak dari arteri Anda dan meneruskannya ke hati Anda untuk dibuang.

Sebagai tambahan, untuk meneliti menunjukkan bahwa kolesterol HDL mengurangi risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Menemukan Tingkat HDL Anda: Sebuah Panduan

Menurut untuk meneliti, kadar kolesterol HDL yang sehat (berdasarkan miligram per desiliter yang diukur selama puasa) harus setidaknya 40 mg/dl untuk pria, 50 mg/dl untuk wanita, dan di atas 45 mg/dl untuk anak-anak. Oleh karena itu, angka di atas 60 mg/dL tergolong tinggi dan di bawah 40 mg/dL tergolong rendah.

Anda dapat menentukan kadar kolesterol Anda menggunakan tes darah yang disebut panel lipid. Bergantung pada usia, jenis kelamin, faktor risiko, dan riwayat keluarga Anda, Anda harus melakukan tes ini sesekali atau sesuai kebutuhan.

Selama 19 tahun atau kurang

  • Anda harus mengikuti tes pertama Anda antara usia 9 dan 11 tahun.
  • Setelah itu, anak-anak bisa dites setiap lima tahun sekali.
  • Sejak usia 2 tahun, beberapa anak dapat menjalani tes ini, tetapi hanya jika ada riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga dan kejadian kardiovaskular lainnya seperti serangan jantung dan stroke.
BACA JUGA :   Apakah Penyakit Hati Herlemak Berbahaya?

Selama 20 tahun atau lebih

  • Anda bisa diuji setiap lima tahun.
  • Idealnya, lakukan tes ini setiap 1-2 tahun untuk wanita 55-65 tahun dan pria 45-65 tahun.

Peringkat HealthifyMe

Nomor HDL Anda tidak boleh kurang dari 40 (atau setidaknya 50 jika Anda perempuan). Tingkat kolesterol HDL yang sehat dapat melindungi dari serangan jantung dan stroke karena membawa kolesterol LDL dari arteri dan kembali ke hati untuk dieliminasi. Namun, itu tidak sepenuhnya menghilangkan kolesterol LDL karena jumlah tertentu diperlukan untuk kesejahteraan umum.

Apa yang menyebabkan kadar HDL turun?

Jika Anda khawatir memiliki kadar HDL rendah, menghindari merokok, penambahan berat badan yang berlebihan, dan menerapkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat membantu membalikkan keadaan. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami penurunan kadar HDL setelah mengonsumsi obat tertentu. Jadi, jika Anda mengonsumsi salah satu produk berikut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Beta-blocker (obat untuk tekanan darah tinggi)
  • Steroid anabolik (berdasarkan hormon pria)
  • Progestin (hormon wanita)
  • Benzodiazepin (obat penenang untuk kecemasan dan insomnia)

Metode untuk Meningkatkan Tingkat HDL

Aktivitas fisik dan menjaga berat badan yang sehat

Menurunkan berat badan dapat meningkatkan kadar HDL Anda, terutama jika Anda memiliki banyak lemak berlebih. Selain itu, olahraga teratur dapat menurunkan kadar LDL Anda dan meningkatkan kadar HDL Anda. Oleh karena itu, dedikasikan 30 menit sehari Anda untuk aktivitas aerobik sedang hingga berat.

Kurangi konsumsi tembakau dan alkohol

Karena produk tembakau menurunkan kadar HDL dan meningkatkan kadar LDL, merokok menurunkan kadar HDL Anda. Jika Anda merokok, Anda harus meneliti strategi paling efektif untuk berhenti. Juga cobalah untuk menjauh dari perokok pasif.

BACA JUGA :   5 Risiko yang Mungkin Anda Hadapi Jika Kehamilan Di Usia Muda

Selain itu, minum terlalu banyak alkohol meningkatkan berat badan, yang menurunkan kadar HDL. Untuk kesehatan Anda, hindari konsumsi alkohol dan tembakau.

Makanan enak

Anda dapat meningkatkan rasio HDL/LDL dengan membuat pilihan makanan yang tepat, yang dapat menurunkan kadar LDL Anda. Hindari lemak trans (pada beberapa makanan yang dipanggang dan digoreng) dan batasi lemak jenuh (produk susu utuh, daging). Selain itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang meningkatkan HDL, seperti:

  • Biji-bijian utuh, seperti dedak, sereal, dan beras merah atau liar
  • Lemak sehat jantung berlimpah dalam kacang-kacangan, termasuk kacang Brazil, kacang almondpistachio dan varietas lainnya.
  • Alpukat mengandung jenis lemak bermanfaat (tak jenuh tunggal dan folat) yang menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular serta membantu menjaga kadar HDL.
  • Makanan kaya serat seperti kacang merah, oatmeal, kubis Brussel, apel, dan pir

Kesimpulan

Meskipun kadar kolesterol LDL yang tinggi bisa berbahaya, kolesterol HDL tetap diperlukan untuk kesehatan yang baik. Penting untuk dicatat bahwa tingkat HDL yang ideal mungkin berbeda dari orang ke orang, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Selain itu, faktor makanan, lingkungan, dan medis dapat memengaruhi kadar HDL, menaikkan atau menurunkannya. Jika Anda berencana untuk membuat perubahan signifikan pada diet Anda atau sering menggunakan pengujian untuk memantau kadar HDL Anda, sebaiknya bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan terlebih dahulu untuk mendiskusikan tujuan Anda.

Unduh Aplikasi Healthifyme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *