Tips Sederhana Menurunkan Gula Darah Segera – HealthifyMe

Posted on

Menurunkan dan menjaga kadar gula darah dalam kisaran ideal adalah kunci untuk menghindari risiko penyakit kronis tertentu seperti stroke dan serangan jantung.

Selain itu, penting untuk kesehatan secara keseluruhan apakah Anda menderita diabetes, pra-diabetes, atau secara umum mengalami efek buruk dari fluktuasi gula darah.

Kadar Gula Darah Tinggi: Gambaran Umum

Jumlah gula atau glukosa dalam darah Anda disebut gula darah. Jika gula darah Anda di atas 126 mg/dl sebelum makan atau di atas 200 mg/dl dua jam setelah makan, itu disebut hiperglikemia atau hiperglikemia.

Jika tidak ditangani secara dini dan benar, gula darah tinggi dapat menyebabkan penumpukan glukosa, yang meningkatkan risiko diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

Anda akan tahu bahwa Anda memiliki gula darah tinggi dengan gejala berikut:

  • Sering buang air kecil
  • Kelelahan
  • Meningkatnya rasa lapar/haus
  • Sakit kepala
  • Sulit berkonsentrasi
  • Penglihatan kabur

Kisaran hiperglikemia berbeda untuk setiap orang, tergantung pada usia, durasi diabetes, dan adanya kondisi kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang ditetapkan oleh tim kesehatan Anda.

Jika Anda menderita diabetes, mengelola gula darah Anda sangat penting. Berikut adalah beberapa cara sederhana namun efektif untuk menurunkan gula darah Anda. Namun, pastikan Anda sudah mengonsumsi insulin atau obat diabetes lainnya terlebih dahulu. Jika Anda melewatkan satu dosis, kadar gula darah Anda bisa turun tiba-tiba.

Tetap terhidrasi

Memperhatikan tingkat hidrasi Anda adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda tiba-tiba mengalami lonjakan gula darah. Ketika gula darah Anda tinggi, tubuh Anda melepaskan kelebihan glukosa ke dalam urin, membersihkannya.

Karena itu, alih-alih jus atau minuman bersoda, perbanyaklah mengonsumsi air putih untuk mengencerkan kualitas gula darah. Juga, gula dalam darah Anda lebih terkonsentrasi saat mengalami dehidrasi.

BACA JUGA :   Masalah Kelangsungan Hidup dan Kesehatan - HealthifyMe

Berjalan kaki atau joging sesekali

Jika Anda mengalami gejala gula darah tinggi, olahraga sederhana dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Misalnya, berjalan kaki singkat atau joging ringan untuk menghentikan lonjakan.

Latihan aerobik apa pun akan membantu menyeimbangkan kadar gula darah Anda. Misalnya, jalan kaki selama 20 menit dapat menurunkan gula darah.

Makan makanan kaya serat

Makanan tertentu dapat membantu mengatur kadar gula darah sepanjang hari. Misalnya, makanan tinggi serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

Sebagai tambahan, untuk meneliti menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi seperti bayam, biji-bijian (seperti oatmeal, jelai, dll.), dan alpukat bahkan dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Kurangi karbohidrat sederhana

Salah satu penyebab utama gula darah tinggi adalah terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan. Karbohidrat ini telah diproses dan sebagian besar seratnya dihilangkan.

Tubuh Anda dengan cepat memproses dan menyerap jenis karbohidrat ini, mengubahnya menjadi gula. Untuk menghindari lonjakan gula darah, sebaiknya hindari makan roti, pasta, nasi, dan makanan kaya karbohidrat lainnya. Sebaliknya, pilihlah sayuran rendah karbohidrat, lemak sehat, dan protein tanpa lemak.

Menaikkan level elektrolit

Jika gula darah Anda naik tiba-tiba, Anda akan buang air kecil lebih banyak dari biasanya. Ini berarti Anda kehilangan air dan kadar elektrolit Anda, termasuk magnesium, potasium, dan fosfat, akan sangat rendah.

Elektrolit diperlukan untuk mempertahankan fungsi tubuh yang tepat, sehingga pengisian tepat waktu sangat penting. Makanan seperti pisang, ubi jalar, dan kacang-kacangan dapat membantu Anda tetap seimbang.

Bersantailah dengan meditasi

Stres adalah alasan lain lonjakan gula darah Anda secara tiba-tiba. Oleh karena itu, meditasi atau yoga akan menyebabkan penurunan kadar gula darah secara signifikan. Bernapaslah selama sesi yoga untuk mengurangi kecemasan, menjernihkan pikiran, dan merilekskan tubuh secara efektif.

BACA JUGA :   Surya Namaskar selama kehamilan: apakah aman? Tips Keamanan, Modifikasi dan Manfaat

insulin kerja cepat

Dokter Anda meresepkan insulin kerja cepat untuk membantu mengontrol lonjakan gula darah yang dapat terjadi secara alami saat Anda makan. Tubuh Anda menyerapnya dengan cepat dan mulai bekerja dalam waktu 15 menit setelah injeksi untuk menurunkan gula darah tinggi setelah makan.

Insulin waktu makan kerja cepat yang diresepkan untuk penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2 mulai bekerja lebih cepat daripada insulin manusia biasa.

Peringkat HealthifyMe

Ketika kadar gula darah Anda terlalu tinggi, cara tercepat untuk menurunkannya adalah dengan menggunakan insulin kerja cepat. Berolahraga dan minum air juga merupakan cara cepat dan efektif untuk menurunkan gula darah. Selain itu, makan makanan yang teratur dan bergizi akan memberi Anda energi yang konsisten sepanjang hari, sehingga terhindar dari kadar gula darah yang tinggi.

Tips Menghindari Keadaan Darurat Gula Tinggi

Cara ideal untuk menurunkan gula darah Anda adalah dengan mencegah lonjakannya sejak awal. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari keadaan darurat.

  • Hindari duduk atau berbaring segera setelah makan, karena latihan pasif ini meningkatkan gula darah.
  • Jangan melewatkan sarapan, makanan pertama dan terpenting hari ini, karena dapat memengaruhi kadar gula darah.
  • Mendapatkan rejimen tidur berkualitas baik sangat penting untuk menghindari ketidakseimbangan kadar gula.
  • Olahraga teratur akan mengatur kadar glukosa darah, membakar kelebihannya dengan segera.
  • Konsumsilah makanan sehat dan camilan bergizi, yang penting untuk mencegah lonjakan gula.
  • Makanlah makanan indeks glikemik rendah seperti sayuran berdaun hijau, wortel mentah, buncis dan lentil yang memiliki efek minimal pada kadar glukosa.
  • Pantau ukuran porsi Anda untuk memastikan Anda tidak makan berlebihan dan memengaruhi fungsi insulin Anda.

Kesimpulan

Pencegahan adalah kunci untuk menjaga gula darah dalam kisaran normal. Namun, memahami cara menurunkannya dalam keadaan darurat akan membantu menghindari komplikasi. Konsultasikan dengan ahli kesehatan Anda sebelum menggunakan insulin kerja cepat.

BACA JUGA :   Resep Makan Malam Musim Panas Tanpa Panggang

Selain itu, mengikuti pola makan seimbang, mengontrol aktivitas fisik, dan mendapatkan kualitas tidur adalah faktor kunci dalam menurunkan dan mengontrol kadar gula darah secara alami.

Unduh Aplikasi Healthifyme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *