Apa Itu Mindful Eating?

Posted on

Makan dengan sadar adalah topik hangat yang mungkin sering Anda dengar akhir-akhir ini dan ini terutama benar karena masalah kesehatan terkait diet yang sedang kita hadapi.

Namun, meskipun makan dengan penuh perhatian berlaku untuk masalah saat ini, itu bukanlah penemuan modern. Mindful eating berakar dari tradisi Buddhis dan dianggap sebagai aspek dasar kehidupan yang membantu mencegah kerusakan yang tidak perlu pada tubuh dan pikiran.

Konsep perhatian pertama kali diperkenalkan ke Barat sekitar 40 tahun yang lalu. Mindful eating adalah salah satu intervensi berbasis mindfulness yang telah dikembangkan dan dipelajari selama 20 tahun terakhir dengan penelitian ekstensif yang mendukung manfaatnya. Mari kita lihat beberapa manfaat ini…

Manfaat makan dengan sadar:

  • Perilaku dan kebiasaan makan yang lebih baik
  • Pengurangan dari pesta makan episode dan frekuensi
  • Peningkatan kualitas diet
  • Meningkatnya kepuasan tubuh dan kenikmatan dalam makan
  • Peningkatan Hasil Metabolik
  • Kesejahteraan psikologis
  • keseimbangan emosional
  • Meningkatnya kasih sayang diri
  • Meningkatkan kualitas emosional dan psikologis yang positif
  • Ditingkatkan toleransi kesusahan
  • Peningkatan rasa dan tujuan

Untuk membantu kita memahami apa itu mindful eating, pertama-tama kita harus memahami apa itu mindfulness.

Apa itu Perhatian?

Mindfulness adalah praktik yang tidak menghakimi, dari waktu ke waktu untuk mengembangkan kesadaran akan pikiran, perasaan, sensasi tubuh, dan lingkungan kita. Saat kita melatih kesadaran, pikiran kita selaras dengan apa yang kita rasakan saat ini daripada memikirkan masa lalu atau membayangkan masa depan. Bagian “tidak menghakimi” dari definisi ini mengacu pada gagasan bahwa perhatian melibatkan penerimaan, yang berarti bahwa kita memperhatikan pikiran dan emosi kita tanpa menilainya, tanpa percaya bahwa ada cara yang “benar” atau “salah”. pemikiran atau perasaan. pada saat tertentu.

Ketrampilan kewaspadaan adalah mampu menempatkan perhatian kita ke tempat yang kita inginkan, bukan ke tempat yang menariknya pada saat itu. Dan keterampilan ini dapat dikembangkan melalui latihan meditasi mindfulness yang konsisten ketika kita duduk atau berbaring dan memusatkan perhatian pada napas, sensasi tubuh, pikiran, dan emosi kita. Misalnya, keterampilan menyetel napas mengajarkan kita untuk menyetel sinyal lapar, kenyang, mengidam, kesenangan, dan lainnya.

Bagaimana perhatian berhubungan dengan makan dengan penuh perhatian

Latihan kewaspadaan menarik perhatian pada unsur-unsur berikut, yang pada gilirannya dapat diterapkan pada tindakan makan.

emosi yang sulit – seperti sedih, marah, takut, bosan, kesepian atau emosi lain yang bisa menjadi pemicu untuk makan.
Mindfulness membantu kita mengembangkan keterampilan baru untuk mengatasi ketidaknyamanan dan rasa sakit emosional selain makanan.

pikiran yang sulit – penilaian diri, pemikiran kritis, harga diri, citra tubuh. Orang-orang cenderung menanggapi pemikiran seperti itu dengan makanan dan paling sering menggunakan makanan sebagai hukuman. Dengan kesadaran penuh, kita mengenali pikiran kita dan menerimanya tanpa bereaksi. Kami menerima pemikiran kritis kami dengan belas kasih dan hati yang terbuka.

Sensasi tubuh – kita mendengarkan sinyal dari tubuh kita, seperti rasa lapar fisik, rasa kenyang, preferensi rasa, dll.

Apa yang benar bagi kita saat ini – kami mengenali kebutuhan nyata kami, misalnya, apakah saya benar-benar membutuhkan kue sekarang atau apakah saya benar-benar membutuhkan pelukan atau percakapan yang tulus dengan seorang teman?

Model makan sehat – kita mempelajari informasi nutrisi seperti pengetahuan umum tentang nilai energi makanan, kualitas makanan, dan pengetahuan tentang ukuran porsi yang dapat berguna untuk pilihan makanan kita.

Bagaimana tubuh kita bereaksi terhadap makanan – kita belajar bagaimana tubuh kita bereaksi terhadap berbagai jenis makanan, apa yang memberi energi pada tubuh kita, apa yang membuat kita merasa lesu, apa yang membuat kita merasa kembung… dll

Menerapkan kesadaran pada makanan

Seorang pria kulit hitam menyiapkan makanan di meja dapur

Jadi menerapkan perhatian pada makanan dan makan disebut makan dengan penuh perhatian. Mari kita lihat lebih dekat apa itu.

Makan dengan penuh perhatian melibatkan hubungan dengan tubuh Anda

Makan dengan penuh perhatian melibatkan hubungan dengan tubuh Anda untuk mendengarkan sinyalnya dan apa yang dikatakannya kepada Anda, seperti kapan harus makan dan kapan harus berhenti makan. Apa yang ingin Anda makan pada waktu tertentu dan kapan Anda tidak lagi menikmati makanan yang Anda makan. Semua sinyal ini bisa saja terlewatkan jika kita tidak memperhatikannya dengan baik.
Dengan mindful eating, Anda juga belajar membedakan isyarat fisik lapar dari pemicu keinginan makan lainnya, karena sangat umum bagi kita untuk mengacaukan kebosanan atau kesedihan dengan kelaparan fisik, misalnya.

Makan dengan penuh perhatian melibatkan pengelolaan emosi Anda

Makan dengan sadar melibatkan identifikasi dan penanganan pemicu makanan Anda, seperti situasi atau emosi yang menyebabkan Anda makan. Ini juga membantu kita mengidentifikasi dan mengelola keinginan makan.

Mindful eating bukanlah diet atau rencana penurunan berat badan

Mindful eating bukanlah diet atau rencana penurunan berat badan, jadi tidak ada kekurangan dalam mindful eating. Faktanya, justru sebaliknya. Mindful eating mengakui bahwa tidak seorang pun dapat memberi tahu Anda apa yang harus dimakan dan berapa banyak yang harus dimakan agar merasa kenyang. Hanya ANDA yang tahu, dengan mendengarkan sinyal tubuh Anda dan membuat pilihan makanan yang tepat untuk Anda.

Dengan makan dengan penuh perhatian, Anda belajar bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap makanan tertentu dan sekali lagi membantu Anda membuat pilihan yang bergizi untuk Anda.

Mindful eating adalah makan yang fleksibel

Tidak ada batasan untuk makan dengan penuh perhatian karena hidup Anda tidak bisa sama setiap hari. Anda akan diundang ke pesta, seadanya, dan makan malam liburan. Anda akan pergi berlibur dan Anda akan mengadakan acara di tempat kerja. Dalam mindful eating, Anda belajar menghargai makanan di setiap kesempatan dan acara.

Mindful eating membebaskan pola pikir diet

Makan dengan penuh perhatian membebaskan. Ini terlepas dari pola pikir diet dan melepaskan beban obsesi terhadap berat badan, citra tubuh, dan pikiran terkait makanan. Dan energi itu dapat diberikan ke area lain dalam hidup Anda yang lebih penting dan mengasuh.

Makan sadar adalah diet seimbang

Mindful eating adalah makan seimbang – makan lebih seimbang dengan apa yang dibutuhkan tubuh Anda pada waktu tertentu dan lebih seimbang dengan semua aspek lain dalam hidup Anda, keluarga, teman, pekerjaan, hobi, dan hiburan.

Dan itu tidak berarti Anda harus selalu makan sebagai respons terhadap rasa lapar fisik. Ya, terkadang kita makan untuk kenyamanan atau untuk menanggapi emosi, dan ya kita makan sesuatu hanya karena kita menyukainya dan ingin memakannya dan menikmatinya, tapi semuanya seimbang.

Mindful eating bukan tentang apa yang Anda makan, ini tentang bagaimana Anda makan

Mindful eating bukan berarti Anda harus selalu mengonsumsi makanan sehat. Mindful eating termasuk makan makanan tinggi lemak, gula, dan garam, tetapi Anda mempelajari keterampilan untuk memaksimalkan kenikmatan makan dalam jumlah yang lebih sedikit dan dengan cara yang menyehatkan tubuh dan pikiran Anda.

Mindful eating memupuk hubungan yang sehat dengan makanan

Dengan mindful eating, kita memupuk hubungan yang sehat dengan makanan dimana kita bisa menikmatinya tanpa perasaan bersalah dan malu. Kami mendekati pengalaman kami dengan makanan dan makan dengan sikap tidak menghakimi, kasih sayang, kebaikan, kesabaran, penerimaan, dan keterbukaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *