Apakah kolesterol HDL baik atau buruk? Menguraikan Fakta – HealthifyMe

Posted on

Kolesterol adalah zat berlemak dan berlilin yang berasal dari dua sumber: makanan hewani yang Anda makan dan hati Anda. Ini membantu membentuk lapisan membran sel, menghasilkan vitamin D, membuat hormon tertentu, dan membantu hati mensintesis empedu untuk pencernaan.

Kolesterol dan lemak lain yang beredar dalam aliran darah Anda sebagai partikel bulat disebut lipoprotein. Lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL) adalah dua lipoprotein yang paling dikenal.

Tidak semua kolesterol itu buruk, karena tingkat HDL yang sehat dapat melindungi jantung dengan mengembalikan seperempat hingga sepertiga dari total LDL Anda ke hati, tempat LDL dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

Baca selengkapnya: Rencana diet penurun kolesterol – Jenis, gejala, dan makanan untuk dimakan

Oleh karena itu, pembacaan HDL Anda idealnya antara 45 dan 60 mg/dl untuk mengurangi risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung koroner. Namun, ketahuilah bahwa terlalu banyak kolesterol tidak baik untuk Anda, baik itu HDL maupun LDL.

Apa itu kolesterol HDL?

HDL, High-Density Lipoprotein atau HDL-C, adalah kolesterol “baik” karena membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dalam tubuh Anda. Ini termasuk lapisan lipoprotein dan pusat kolesterol.

Baca lebih lanjut: Apa itu kolesterol HDL? Panduan terperinci

HDL adalah partikel yang sangat kompleks dengan kemampuan anti-inflamasi dan fungsi anti-aterosklerotik. LDL adalah mitra HDL yang “buruk”, yang menyebabkan penumpukan plak di arteri. Kolesterol total Anda mengacu pada jumlah total kolesterol LDL dan HDL dalam darah Anda.

Kadar kolesterol HDL normal dalam miligram per desiliter (mg/dl) berdasarkan usia dan jenis kelamin adalah sebagai berikut:

Berisiko Diinginkan
Siapa saja (19 tahun ke bawah) Lebih dari 45mg/dl
Pria (berusia 20 tahun atau lebih) Kurang dari 40 mg/dL (1,0 mmol/L) 60 mg/dL (1,6 mmol/L) atau lebih
Wanita (berusia 20 tahun atau lebih) Kurang dari 50 mg/dL (1,3 mmol/L) 60 mg/dL (1,6 mmol/L) atau lebih

Kolesterol HDL paling protektif sekitar 40 hingga 59 mg/dL, dan memiliki kadar HDL-C di bawah 40 mg/dL tidak sehat. Risiko penyakit jantung dan stroke Anda meningkat dengan kolesterol HDL yang rendah. HDL rendah sering berkembang karena kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, kebiasaan makan yang buruk, merokok, dan kurang olahraga.

SEBUAH belajar menunjukkan bahwa jumlah HDL dapat berubah seiring dengan usia, jenis kelamin, pubertas, gejala usia paruh baya, pola makan, kondisi kesehatan, klimakterik, dan menopause. Anda dapat mengukur dan memantau kadar kolesterol Anda dari kenyamanan rumah Anda dengan Panel Metabolik HealthifyMe yang baru.

Ini adalah alat tes yang lengkap dan dipersonalisasi yang memungkinkan Anda untuk memahami seluruh profil lipid darah Anda di antara lebih dari 85 parameter lainnya. Profil lipid lengkap menunjukkan kadar sebenarnya dari setiap jenis lemak dalam darah Anda, seperti LDL, HDL, trigliserida, dan lainnya.

Hanya dengan setetes darah, panel metabolisme dapat menemukan kecenderungan potensial Anda terhadap kondisi medis, seperti kolesterol LDL tinggi dan kolesterol HDL rendah, diabetes, atau hipertensi. Jika Anda memiliki kolesterol HDL rendah, input pelatihan waktu nyata akan membantu Anda memulai dan mengembangkan diet korektif serta pendekatan dan rencana aktivitas.

Panel Metabolik HealthifyMe

Ini adalah inisiatif jangka panjang, artinya tesnya tidak satu kali. Anda dapat melakukan ini setiap tiga bulan, yang memungkinkan Anda mengukur kemajuan Anda setiap tiga bulan.

Tes yang tersedia di Panel metabolik termasuk tes fungsi tiroid, tes fungsi ginjal, urin rutin, studi zat besi, hitung darah lengkap, profil vitamin, profil lipid, tes fungsi hati, dan skrining diabetes.

Semua informasi metabolisme ini akan sampai ke pelatih ahli Anda dan ahli gizi bertenaga AI RIA. Kontribusi gabungan mereka membantu mempersonalisasikan dan memodifikasi gaya hidup Anda, sehingga Anda dapat membuat pilihan yang lebih cerdas dan mengambil tindakan yang langgeng untuk mencapai tujuan kesehatan Anda.

Paket premium juga menawarkan berbagai paket diet dan kebugaran untuk menurunkan berat badan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, HealthifyMe menawarkan langganan uji coba. Anda sekarang dapat terhubung langsung dengan salah satu pelatih kesehatan melalui WhatsApp untuk memulai percakapan tentang paket yang paling sesuai dengan tujuan Anda dan memberikan detail lebih lanjut tentang paket dan harga yang tersedia.

Apakah kolesterol HDL baik atau buruk?

Keyakinan umum tentang kolesterol adalah buruk bagi kesehatan Anda. Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa kolesterol HDL dalam jumlah yang tepat dapat meningkatkan kesehatan.

SEBUAH belajar menunjukkan bahwa kadar lipoprotein densitas tinggi yang lebih tinggi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik. Ini karena partikel HDL mendorong transpor balik kolesterol dari sel perifer. Selain itu, HDL juga memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi dan antitrombotik.

Berikut peran penting kolesterol HDL:

Mengurangi peradangan

Kemampuan anti-inflamasi HDL mengurangi peradangan pembuluh darah dan membantu memprediksi siapa yang paling mungkin mengalami serangan jantung atau kejadian jantung serius lainnya. HDL merangsang produksi oksida nitrat, molekul yang meredakan peradangan, membantu mengendurkan dinding arteri dan mencegah pembentukan bekuan darah di dalam arteri.

Tingkat perlindungan kapasitas anti-inflamasi HDL lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria. Statistik menarik yang diilustrasikan oleh untuk meneliti adalah bahwa untuk setiap peningkatan 22% partikel HDL dalam sel endotel, terdapat 23% lebih sedikit peluang bagi siapa pun untuk mengalami kejadian kardiovaskular.

Efek antioksidan

Efek antioksidan HDL melindungi terhadap aterogenesis atau pembentukan timbunan lemak di arteri. Partikel HDL kecil, padat, kaya protein mengurangi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengirimkan lipid proatherogenic yang berpotensi toksik ke hati untuk diekskresikan. Namun, penyakit metabolik dan inflamasi dapat merusak fungsi antioksidan HDL.

Baik untuk manajemen diabetes

HDL tampaknya melindungi sel beta pankreas dari efek toksik glukosa untuk meningkatkan sekresi insulin. HDL membantu meningkatkan aktivitas insulin pada otot rangka untuk penyerapan glukosa yang lebih baik. Stimulasi HDL akan menurunkan risiko gagal ginjal dini dan skor inflamasi tinggi pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini karena aktivitas antioksidan dan fungsi vasodilator endotel HDL. Oleh karena itu, kolesterol HDL yang rendah meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Meskipun kadar kolesterol HDL yang tinggi mengurangi kejadian kardiovaskular, memiliki jumlah di atas jumlah optimal mungkin tidak memberikan manfaat kardiovaskular tambahan. HDL-C bahkan bisa berbahaya dalam jumlah yang sangat tinggi. Lebih-lebih lagi belajar mencatat bahwa kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi tampaknya tidak memberikan manfaat yang sama untuk semua etnis.

Kolesterol HDL milik keluarga partikel yang berbeda. Beberapa jenis HDL adalah kolesterol netral atau mentransfer kolesterol dengan cara yang salah. Untuk memperumit masalah lebih lanjut, beberapa HDL memblokir oksigen dari LDL yang mengubah secara kimiawi, menjadikannya lebih berbahaya. Oleh karena itu, meskipun kolesterol HDL bersifat alami dan esensial, ada juga beberapa variasi yang berpotensi berbahaya yang harus Anda pertimbangkan.

Peringkat HealthifyMe

Kolesterol HDL baik karena membersihkan kolesterol LDL yang menumpuk di arteri. Ini melindungi jantung Anda dengan mengangkut LDL dari arteri ke hati untuk dieliminasi. Sebagaimana terbukti, kolesterol HDL yang rendah mengarah pada peningkatan risiko serangan jantung dan mungkin tidak memberikan manfaat kardiovaskular.

Kolesterol HDL rendah, sekarang bagaimana?

Siapa pun dengan kolesterol HDL yang buruk dapat memperoleh manfaat dari menjalani gaya hidup yang sehat untuk jantung. Namun, ahli gizi Anda mungkin merekomendasikan dukungan tambahan untuk mengelola kadar kolesterol Anda secara keseluruhan, seperti diet yang dipersonalisasi, terutama jika kolesterol HDL Anda rendah karena pola makan yang buruk atau jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Kolesterol dalam makanan juga penting, tetapi kebanyakan orang tidak tahu bahwa makanan tinggi kolesterol juga sangat bergizi. Misalnya, telur adalah makanan yang enak, mengenyangkan, dan kaya protein, tetapi mengandung kolesterol, dengan dua telur besar menyediakan 372 mg.

Sayangnya, karena ketakutan keliru akan kolesterol dalam makanan, orang membuang kuning telurnya, yang sejauh ini merupakan bagian paling bergizi dari makanan. telur. Oleh karena itu, mendapatkan saran yang tepat dari ahli gizi membantu Anda membuat pilihan yang lebih cerdas, lebih sehat, dan lebih banyak informasi.

Untuk semua jawaban yang Anda inginkan, untuk semua tip kesehatan yang Anda lewatkan, dan untuk semua saran yang Anda cari, tim pelatih bersertifikat HealthifyMe dapat memberi Anda informasi yang paling akurat dan relevan.

Pelatih HealthifyMe akan menyusun rencana diet dan latihan yang disesuaikan dengan gaya hidup Anda berdasarkan kebutuhan kalori, preferensi makanan, dan tingkat aktivitas Anda. Jika ada yang tidak berhasil, Anda dapat mengubah pola makan melalui diskusi dan panggilan konsultasi dengan pelatih kesehatan yang ditunjuk.

Pro Plan atau HealthifyMe SmartPlan juga menyediakan akses ke ahli gizi AI 24/7, wawasan harian dan mingguan untuk melacak kemajuan Anda, pelacakan makro atau mikronutrien, dan resep sehat. Jika metabolisme glukosa yang buruk menjadi perhatian kolesterol Anda, HealthifyPro 2.0 hadir dengan monitor glukosa berkelanjutan untuk memeriksa tren gula darah Anda sepanjang hari. CGM dapat segera memberi tahu Anda dan pelatih Anda jika makanan tertentu yang Anda makan menyebabkan kadar gula darah Anda turun atau melonjak.

Kesimpulan

HDL adalah singkatan dari high density lipoprotein, yang dikenal sebagai “kolesterol baik”. Ini menyapu LDL atau kolesterol jahat (lipoprotein densitas rendah) dari arteri ke hati untuk menghilangkannya. Oleh karena itu, memiliki kadar kolesterol HDL yang sehat, sekitar 40 hingga 59 mg/dL, membantu mencegah penumpukan kolesterol atau plak di arteri. Akibatnya, mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan pembekuan darah.

Tingkat HDL di atas 60 mg/dL tinggi, sedangkan tingkat HDL di bawah 40 mg/dL rendah. Lebih penting lagi, tingkat HDL di atas kisaran yang disarankan mungkin tidak memberikan perlindungan tambahan. Sebaliknya, jumlah HDL di atas jumlah optimal bisa memicu serangan jantung atau stroke. Jadi, untuk mencapai tingkat HDL yang tepat, hubungi dan cari bantuan dari panel ahli gizi bersertifikat Healthifyme.

Unduh Aplikasi Healthifyme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *